SOLOPOS.COM - Ilustrasi Inflasi (Solopos)

Solopos.com, JAKARTA–Para ekonom menyebut tingkat inflasi pada April 2022 akan melebihi 3% secara tahunan (year-on-year).

Ekonom PT Bank Central Asia Tbk. David Sumual memprediksi inflasi pada bulan lalu akan mencapai 3,46% yoy.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dia menjelaskan kenaikan harga dipengaruhi faktor musiman seperti periode jelang Lebaran, terutama kenaikan harga pangan, transportasi dan komoditas.

“Tambahan lagi ada lockdown di China, mungkin ekspektasinya [pengaruh ke inflasi] belum sekarang ya,” kata David, Kamis (5/5/2022).

Baca Juga: BI Sebut Inflasi April Pada Level Rendah dan Terkendali

Dia menambahkan ke depan sentimen lockdown di China akan berpengaruh ke perekonomian Indonesia lantaran distribusi pasokan barang, bahan baku, material, termasuk barang konsumsi menjadi terhambat.

Setidaknya, dampak lockdown tersebut akan mulai terasa di Indonesia pada semester II/2022.

Dalam setahun penuh 2022, David memperkirakan inflasi akan tembus di atas 4%. Dia menunjukkan beberapa pemicu inflasi di antaranya dari kenaikan harga yang diatur pemerintah seperti harga elpiji 3 kilogram, tarif listrik, tarif tol dan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite.

“Dengan kebijakan itu tentu [inflasi] bisa lebih tinggi lagi, jadi sekarang pun perkiraan saya tembus di atas 4% untuk tahun ini. Tapi untuk apakah bisa lebih tinggi lagi, tergantung harga-harga yang ditetapkan pemerintah. Apakah tetap atau ada penyesuaian di semester II/2022,” jelas dia.

Senada, Ekonom PT Bank Permata Tbk. Josua Pardede menyatakan peningkatan inflasi pada April 2022 dipengaruhi oleh seluruh komponen inflasi baik inflasi inti, harga bergejolak (volatile food) dan harga diatur pemerintah (administered price).

Baca Juga: BI Memproyeksi Inflasi Maret Capai 0,48 Persen

Kenaikan inflasi harga bergejolak sejalan dengan kenaikan harga komoditas pangan terutama pada Ramadan dan menjelang Idulfitri dimana beberapa komoditas pangan yang mendorong inflasi antara lain daging ayam, daging sapi, telur ayam, minyak goreng, bawang putih dan gula.

Sementara itu, kata Josua, terdapat beberapa komoditas pangan yang mengalami penurunan harga seperti bawang merah, cabai merah dan cabai rawit yang membatasi kenaikan inflasi harga bergejolak.

Selain kenaikan harga yang bergejolak, kenaikan inflasi harga diatur pemerintah akan didorong oleh kenaikan harga Pertamax serta kenaikan tarif transportasi udara sejalan dengan permintaan yang meningkat dalam rangka mudik.

“Inflasi inti pada April juga diperkirakan akan meningkat 2,6% yoy dari bulan sebelumnya 2,37% yoy, sejalan dengan peningkatan konsumsi domestik pada bulan Ramadhan. Selain itu, kenaikan tarif PPn juga berkontribusi pada kenaikan inflasi bulan April,” kata dia, Kamis (5/5/2022).

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Lebaran Bisa Angkat Inflasi April 2022 Lebih Dari 3 Persen

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya