SOLOPOS.COM - Sejumlah penjahit menyelesaikan pembuatan kaos di industri garmen C59 Jalan Cigadung Raya Timur Bandung, Jawa Barat, belum lama ini. Asosiasi Pertekstilan Indonesia memperkirakan industri tekstil dan produk tekstil (TPT) pada 2013 akan makin tertekan dengan naiknya upah buruh dan tarif dasar listrik, serta kondisi ekonomi negara tujuan ekspor yang belum membaik. (JIBI/Bisnis Indonesia/Rachman)

Solopos.com, JAKARTA–Prospek industri tekstil di Tanah Air diperkirakan cukup cerah tahun ini.

Ini didorong membaiknya situasi pascapandemi Covid-19.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Direktur Eksekutif CORE Indonesia Mohammad Faisal, perkiraan tersebut sejalan dengan pertumbuhan ekonomi tahun ini yang diprediksi membaik dengan asumsi tidak ada lagi pembatasan mobilitas masyarakat.

“Dengan tidak adanya pembatasan mobilitas, kebutuhan terhadap produk pakaian akan meningkat sehingga ini akan menjadi peluang cuan bagi industri tekstil,” ujar Faisal kepada Bisnis, Senin (6/6/2022).

Dengan demikian, sambungnya, pemerintah perlu menjaga pasar domestik dari produk impor.

Baca Juga: Mudik Lebaran Dibolehkan, Ini Harapan Pelaku Industri Tekstil

Penerapan safeguard sendiri dinilai memiliki peran penting dalam menjaga peluang industri tekstil lokal di pasar domestik.

Tahun ini, pemerintah melakukan penerapan safeguard bahan baku, bahan penolong serta produk tekstil, dan pakaian jadi dalam negeri untuk memperkuat harmonisasi rantai pasok.

Upaya tersebut perlu dioptimalkan mengingat volume impor tekstil Indonesia masih terus mengalami peningkatan.

Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS) yang diolah Kementerian Perindustrian, volume tekstil yang diimpor pada Maret 2022 mencapai 132,15 ton. Angka ini naik 7,45% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Volume impor tekstil Maret 2022 juga lebih tinggi dibandingkan dengan Februari 2022, dengan kenaikan 11,18%.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Prospek Industri Tekstil Lokal Tahun Ini Cerah, Ini Alasannya…

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya