SOLOPOS.COM - Toyota Vios di IIMS 2014. (Autonetmagz.com)

Industri otomotif Daihatsu segera dikuasai Toyota 100 persen.

Solopos.com, TOKYO – Di industri otomotif dunia, Toyota Motor Corp saat ini memegang 51,2 persen saham Daihatsu Motor Co Ltd. Tetapi tak lama lagi kekuasaan Toyota menjadi 100 persen.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti dilansir laman Worldcarfans, Kamis (28/1/2016), juru bicara Toyota mengumumkan rapat untuk memuluskan rencana “pencaplokan” Daihatsu akan dilaksanakan Jumat (29/1) besok.

Dijelaskan, Toyota akan membeli seluruh 48,8 persen saham yang tersisa di Daihatsu dengan dana sebesar $3 miliar atau sekitar Rp42 triliun. Menurutnya, Toyota akan lebih mudah mengontrol Daihatsu jika sahamnya dimiliki secara penuh.

Sebab seperti diketahui, sepanjang tahun lalu penjualan Daihatsu turun 13,3 persen. Di antara bisnis lain yang dikuasai Toyota, penurunan itu adalah yang terbesar hingga membuat keuntungannya terpangkas 0,8 persen.

Sebagai informasi, hubungan Toyota dan Daihatsu sudah dimulai sejak 1998 silam. Selain menguasai Daihatsu, pemilik industri otomotif terbesar di dunia itu juga menguasai saham Lexus dan Hino Motors.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya