SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Ilustrasi

JOGJA—Industri jasa pengiriman mengalami pertumbuhan yang signifikan di 2012. Seiring dengan makin maraknya bisnis online, industri jasa pengiriman di DIY meningkat hingga 40% dibandingkan 2011 lalu.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Ketua Asosiasi Jasa Pengiriman Ekspress Indonesia (Asperindo) Yogyakarta Marsudi mengatakan semakin berkembangnya bisnis online di DIY, memberikan keuntungan tersendiri bagi jasa pengiriman.

“Selain ada pertumbuhan dari sisi bisnis, anggota kami juga bertambah signifikan di 2012 ini, ada penambahan sekitar 20 anggota,” kata dia di sela-sela Musda Asperindo DIY, Sabtu (12/1/2013).

Marsudi melanjutkan, dengan penambahan tersebut, maka total jumlah anggota Asperindo DIY saat ini mencapai sekitar 100 anggota.

“Potensi bisnis ini cukup baik, jasa pengiriman ini berkembang sangat pesat,” ucap dia.

Ia menjelaskan,  saat ini jasa pengiriman domestik masih mendominasi hingga 75% dari total pengiriman yang dilakukan dari DIY.

“Dominasi pengiriman berupa paket, kemudian baru dokumen,” tambah dia.

Sementara itu, menurut Marsudi, pengiriman juga masih di dominasi melalui udara dan juga darat. Namun, saat ini masalah keamanan masih menjadi kendala utama untuk pengiriman paket melalui darat.

“Pemalakan masih banyak terjadi di jalan-jalan dan Jawa dan Sumatera, untuk itu, kami sangat berharap pihak-pihak terkait bisa meningkatkan keamanan di jalan raya,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya