SOLOPOS.COM - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia Muhadjir Effendy bersama Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Luar Negeri Republik Sosialis Vietnam, Pham Binh Minh, menandatangani pembaruan kerja sama di bidang pendidikan, Rabu pagi (23/8/2017), di Istana Merdeka, Jakarta. (Kemendikbud)

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah Indonesia dan Vietnam menjalin kerja sama di bidang pendidikan yang berlaku selama lima tahun. Salah satunya adalah kerja sama pendidikan dan pelatihan guru.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia Muhadjir Effendy bersama Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Luar Negeri Republik Sosialis Vietnam, Pham Binh Minh, menandatangani pembaruan kerja sama di bidang pendidikan, Rabu (23/8/2017) pagi, di Istana Merdeka, Jakarta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kerja sama yang berlaku lima tahun ini memperbaharui kerja sama yang dilakukan pada 2005 lalu. “Pembaruan kerja sama meliputi upaya memajukan sekolah dan penguatan hubungan antarinstitusi,” kata Muhadjir seusai penandatanganan nota kesepahaman di depan pemimpin negara masing-masing seperti dilansir website Kemendikbud.

Beberapa bidang kerja sama yang disepakati kedua negara yang tergabung di dalam Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) ini juga meliputi pendidikan dan pelatihan guru; kolaborasi dalam penilaian pendidikan; perencanaan pendidikan dan penelitian; manajemen pendidikan dan kepemimpinan; serta desain kurikulum dan pengembangan metode pembelajaran.

Disepakati juga pertukaran materi pendidikan, publikasi, serta alat peraga serta informasi. Pemerintah kedua negara juga sepakat untuk menyelenggarakan beragam pertemuan, lokakarya, pameran, konferensi, seminar, kunjungan studi, kompetisi, serta pemberian beasiswa pendidikan.

“Nanti ada program pertukaran para pejabat di bidang pendidikan, para tenaga ahli, guru, tenaga kependidikan, dan pelajar dari kedua negara,” ujar Muhadjir. Kemendikbud serta Kementerian Pendidikan dan Pelatihan Vietnam akan membentuk tim kerja yang bertugas memberikan rekomendasi cara dan upaya memajukan tujuan kerja sama di bidang pendidikan yang telah disepakati. Tim juga memastikan cara berkoordinasi yang cepat, tepat, dan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya