SOLOPOS.COM - Pemain timnas Indonesia U-19 Muhammad Fajar Fathur Rachman (tengah) bersama rekan-rekannya melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Timor Leste U-19 pada laga babak kualifikasi grup K Piala Asia U-19 2020 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (6/11/2019). (Antara - Hafidz Mubarak A)

Solopos.com, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-19 mengalahkan Timor Leste 3-1 sehingga memuncaki Grup K dalam babak kualifikasi Piala AFC U-19 2020 pada Rabu (6/11/2019) malam di Stadion Madya, Jakarta. Hal ini karena pada pertandingan sebelumnya, Korea Utara dan Hong Kong hanya meraih satu poin setelah bermain imbang 1-1.

Indonesia U-19 melewati laga pertama Grup K kualifikasi Piala AFC U-19 2020 dengan baik. Indonesia hanya butuh waktu dua menit untuk membuka keunggulan. Muhammad Fajar Fathur Rachman menjebol gawang Timor Leste dengan tandukan keras setelah memaksimalkan umpan sepak pojok yang dilepaskan oleh Beckham Putra.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tim Garuda Muda hampir saja menggandakan keunggulan pada menit ke-30. Tendangan bebas mendatar yang dilepaskan Rizki Ridho Ramadhani mengarah tepat ke sudut bawah gawang Timor Leste, tetapi kiper Timor Leste, Junildo Manuel Pereira, mampu menghalaunya. Bola yang lepas disambut Sutan Zico, namun tembakannya masih mampu dihalau oleh Junildo.

Hingga babak pertama berakhir, keunggulan 1-0 untuk Timnas Indonesia U-19 tak berubah. Permainan yang lebih intens pun diperlihatkan ketika kedua tim memulai babak kedua.

Ekspedisi Mudik 2024

Namun, Timor Leste akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-50 melalui titik putih. Penalti diberikan kepada Timor Leste setelah kiper Timnas Indonesia U-19, Ernando Ari, dianggap melanggar Mouzinho De Lima di dalam kotak terlarang. Mouzinho mengambil eksekusi tersebut dan dengan mudah mengelabui Ernando Ari untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Gempur Terus! Indonesia U-19 Ungguli Timor Leste di Babak Pertama

Permainan kasar dipertontonkan oleh Timor Leste. Mereka pun harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-58 setelah Nelson Pinto mendapatkan kartu merah langsung. Pasalnya, bek Timor Leste itu melakukan tendangan kungfu ke arah wajah Bagus Kahfi ketika tengah menghalau bola panjang yang akan disambut oleh striker Timnas Indonesia U-19 itu.

Unggul jumlah pemain membuat Tim Garuda Muda lebih mudah untuk melakukan tekanan. Hasilnya pada menit ke-62, Timnas Indonesia U-19 berhasil menambah keunggulan lewat gol yang dicetak David Maulana. Tembakan kerasnya dari luar kotak penalti meluncur deras dan sempat berbelok karena membentur pemain Timor Leste yang ingin menghalangi jalannya bola dan bola tetap masuk ke dalam gawang.

Timnas Indonesia U-19 mendapatkan dua peluang sekaligus pada menit ke-74. Tendangan keras dari Beckham Putra Nugraha membentur mistar gawang dan bola rebound disambut tandukan Bagus Kahfi yang sayangnya bola malah membentur tiang gawang.

ADB: 22 Juta Orang Indonesia Kelaparan dalam 2 Tahun Era Jokowi

Akhirnya Tim Garuda Muda berhasil menambah keunggulan menjadi 3-1 lewat gol yang dicetak Muhammad Fajar Fathur Rachman pada menit ke-77. Berawal dari penetrasi yang dilakukan Supriadi dari sisi kiri ke dalam kotak penalti Timor Leste, pemain muda Persebaya Surabaya itu melepaskan umpan yang disambut sontekan keras Fajar Fathur Rachman yang mengoyak jala gawang Timor Leste.

Di menit-menit akhir pertandingan, Timnas Indonesia U-19 terus memberikan tekanan kepada Timor Leste. Supriadi dkk terus melakukan serangan-serangan yang mengancam pertahanan lawan. Namun hingga pertandingan usai, tak ada gol tambahan dan Tim Garuda Muda menang 3-1 dalam pertandingan ini.

Susunan Pemain

Indonesia U-19 (4-3-3): Ernando Ari Sutaryadi, Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi, Rizki Ridho Ramadhani, Alfeandra Dewangga, Muhammad Salman Alfarid (belakang), David Maulana, Theo Fillo Numberi, Beckham Putra Nugraha (tengah), Sutan Zico, Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri, Muhammad Fajar Fathur (depan)

Pelatih: Fakhri Husaini

Timor Leste U-19 (4-2-3-1): Junildo Manuel Pereira (kiper); Jaimito Antonio Soares, Nelson Pinto, Gumario Da Silva, Orelio Nobelito Moises (belakang); Osorio Angel, Mouzinho De Lima, Expedito Soares, Elias Joao, Jhon Frith Ornai Liu (tengah); Paulo Domingos (depan)

Pelatih: Lee Min-young

Klasemen Sementara Grup K

No. Tim Poin Main Memasukkan Kemasukan Surplus
1 Indonesia 3 1 3 1 2
2 Korea Utara 1 1 1 1 0
3 Hong Kong 1 1 1 1 0
4 Timor Leste 0 1 1 3 -2

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya