SOLOPOS.COM - Shin Tae-yong (Antara/Michael Siahaan)

Solopos.com, JAKARTA—Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong berkomentar tentang hasil drawing Piala AFF 2022 yang menempatkan Indonesia satu grup dengan juara bertahan Thailand.

Shin Tae-yong mengatakan Thailand merupakan lawan terkuat Garuda di Grup A Piala AFF 2022, yang juga diisi Filipina, Kamboja, serta pemenang kualifikasi antara Brunei Darussalam dengan Timor Leste.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Thailand tentu menjadi lawan paling kuat di grup. Meski begitu, kami juga tetap mewaspadai semua lawan,” ujar Shin, seperti disiarkan laman PSSI di Jakarta, Selasa (30/8/2022).

Baca Juga: Hasil Undian Piala AFF 2022, Indonesia Satu Grup Bersama Thailand

Juru taktik asal Korea Selatan itu berjanji akan menyiapkan timnya dengan baik untuk turnamen tersebut. Shin bertekad membawa Indonesia meraih juara Piala AFF 2022.

Sebelumnya, pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu sukses mengantarkan Indonesia ke final Piala AFF 2020, tetapi gagal menaklukkan Thailand. “Saya akan mempersiapkan timnas Indonesia dengan maksimal agar meraih juara Piala AFF 2022,” kata Shin.

Shin Tae-yong segera mencari pemain terbaik untuk Piala AFF 2022. Beberapa pemain yang naturalisasinya hampir rampung juga masuk dalam radar.

Baca Juga: Shayne Pattynama Segera Susul Jordi-Sandy Gabung Timnas Indonesia

“Saat ini ada Sandy Walsh, Jordi Amat dan Shayne Pattinama yang masih dalam proses naturalisasi. Kami berharap ketiganya dapat segera bergabung bersama Timnas Indonesia,” tutur dia.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan bergabungnya Indonesia dengan Thailand menjadi momen untuk membalas kekalahan di final Piala AFF 2020. Iriawan pun meminta Shin Tae-yong untuk menyeleksi pemain-pemain yang tepat demi menjadi tim terbaik di Piala AFF 2022.

“Saya berharap pelatih Shin Tae-yong sudah mulai memantau pemain-pemain terbaik yang ada pada kompetisi Liga 1 dan kompetisi yang ada di luar negeri. Ajang Piala AFF 2022 bisa dijadikan persiapan untuk menghadapi Piala Asia 2023,” tutur pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Baca Juga: Selangkah Lagi Jadi Pemain Timnas Indonesia, Jordi-Sandy Diingatkan Soal Ini

Piala AFF 2022 yang diikuti total 10 negara akan digelar mulai akhir Desember 2022 sampai Januari 2023. Tak seperti edisi sebelumnya yang mesti dilaksanakan terpusat lantaran pandemi Covid-19, Piala AFF terbaru akan kembali ke format seperti 2018 yaitu kandang dan tandang.

Semua tim di grup akan saling berhadapan dengan setiap tim akan dua kali bertanding kandang dan dua kali berlaga tandang. Nantinya, dua tim terbaik dari setiap grup berhak melaju ke semifinal.

PSSI menargetkan Indonesia menjadi juara Piala AFF 2022. Andai berhasil mendapatkan prestasi itu, gelar tersebut akan menjadi yang pertama sepanjang sejarah bagi Garuda.

Baca Juga: Selangkah Lagi Jordi Amat dan Sandy Walsh Perkuat Timnas Indonesia

Sejak Piala AFF digelar kali pertama pada 1996, prestasi tertinggi Indonesia adalah menjadi peringkat kedua (runner up) yang diraih enam kali yakni pada 2000, 2002, 2004, 2010, 2016 dan 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya