[ X ] CLOSE

Indonesia Raya Berkumandang Tiap Pukul 10.00 WIB, ASN Sragen Wajib Sikap Sempurna!

Lagu kebangsaan Indonesia Raya itu mulai rutin dikumandangkan Pemkab Sragen setiap pukul 10.00 WIB sejak Senin (21/6/2021).
Indonesia Raya Berkumandang Tiap Pukul 10.00 WIB, ASN Sragen Wajib Sikap Sempurna!
SOLOPOS.COM - Ilustrasi ASN atau PNS. (Antara)

Solopos.com, SRAGEN -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen memerintahkan semua aparatur sipil negara (ASN) untuk berdiri tegak dengan sikap sempurna saat lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan setiap hari pukul 10.00 WIB.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen, Tatag Prabawanto, mengatakan lagu kebangsaan Indonesia Raya itu mulai rutin dikumandangkan setiap pukul 10.00 WIB sejak Senin (21/6/2021).

Menurutnya, tidak ada surat edaran (SE) terkait ajakan kepada ASN berdiri tegak dengan sikap sempurna saat lagu Indonesia Raya dikumandangkan itu.

Baca juga: Mantul! Polisi Sragen Terjun ke Sawah Dampingi Petani Budidayakan Melon

Aturan itu hanya disampaikan melalui pengeras suara yang terpasang di tiap ruang kerja para ASN. Peraturan itu berlaku hingga waktu yang belum bisa ditentukan atau sampai ada petunjuk lebih lanjut.

"Setiap pukul 10.00 WIB, semua karyawan dan karyawati di Setda Sragen, Dinas dan Badan diharapkan bisa menyesuaikan diri dengan berdiri tegak dan mengambil sikap sempurna. Rencananya, hal ini juga akan diberlakukan di semua sekolah, namun nanti setelah aktif [pembelajaran tatap muka dibuka]. Sekarang belum diberlakukan [di sekolah] karena masih PPKM mikro," terang Tatag Prabawanto kepada Solopos.com, Jumat (25/6/2021).

Terdengar Suara Lonceng

Pantauan Solopos.com pada Kamis (24/6/2021), di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sragen, terdengar suara lonceng tepat pukul 10.00 WIB. Pada saat itulah, hampir semua ASN Disdikbud Sragen keluar dari ruangan.

Baca juga: Dipimpin Kapolsek Sambungmacan, Evakuasi Buaya Muara 2,8 Meter di Sragen Butuh Waktu 1,5 Jam

Di emperan kantor, mereka segera mengambil sikap sempurna. Lantaran terjadi kendala saat pemutaran lagu Indonesia Raya, salah seorang ASN yakni Johny Adhi Aryawan kemudian mengajak teman-temannya menyanyikan lagu kebangsaan itu.

Dari lantai dua, ia memberi aba-aba supaya semua teman-temannya mengikutinya menyanyikan lagu Indonesia Raya.

"Yang dinyanyikan cuma satu stanza sehingga tidak lebih dari tiga menit selesai. Itu tidak akan mengganggu pekerjaan. Ini bagus untuk membangkitkan semangat nasionalisme di kalangan ASN seperti kami," papar Johny yang menjabat Kasi Sejarah dan Tradisi, Disdikbud Sragen ini kala berbincang dengan Solopos.com di kantornya.

Baca juga: Ternyata Ada Harta Karun di PG Mojo Sragen, Ini Wujudnya



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago