SOLOPOS.COM - Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie. (ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo)

Indonesia Open 2017 segera digelar.

Solopos.com, JAKARTA — Indonesia memang masih mengandalkan ganda putra untuk meraih trofi di Indonesia Open 2017 yang digelar di Plennary Hall JCC, Senayan, Senin-Minggu (12-18/6/2017). Pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo digadang-gadang juara meski belum lama ini gagal di Piala Sudirman.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Namun Indonesia diam-diam juga punya potensi di tunggal putra. Sektor ini belakangan kerap membuat kejutan di sejumlah kejuaraan. Di Piala Sudirman kemarin, Anthony Sinisuka Ginting berhasil menundukkan peraih medali perunggu Olimpiade Brasil 2016, Viktor Axelsen.

Tunggal putra terbaik Indonesia ini  juga pernah membuat sensasi di Indonesia Open dua tahun lalu. Merangkak dari babak kualifikasi, Anthony sukses menembus delapan besar. Dalam perjalanannya dia menyingkirkan unggulan keempat asal India, Kidambi Srikanth.

Jonatan Christie juga tak kalah cemerlang. Dia baru saja menjadi runner up di Thailand Open 2017. Capaian ini menjadi pelipur lara Jonatan yang keok dua gim langsung saat menghadapi Kidambi Srikanth di Piala Sudirman lalu.

Di Indonesia Open, pebulutangkis 19 tahun ini juga punya kenangan apik. Tahun lalu Jonatan sukses membenamkan peraih dua medali emas Olimpiade asal Tiongkok, Lin Dan, lewat straight game. Ada pula Ihsan Maulana Mustofa yang menjadi sorotan setelah masuk semifinal turnamen tahun lalu.

Meski punya sejumlah potensi ledak, Kepala Pelatih Tunggal Putra, PBSI, Hendry Saputra, mengaku tak ingin sekadar mencari kejutan di turnamen kali ini. Hendry ingin melihat perkembangan kematangan anak asuhnya dalam kejuaraan berhadiah total satu juta dolar AS (Rp13,3 miliar) tersebut.

Di Indonesia Open 2017, Merah Putih diwakili tujuh pemain di tunggal putra. Empat di antaranya bertarung dari fase kualifikasi. “Mudah-mudahan di pertandingan nanti mereka bisa tampil percaya diri,” ujar Hendry dilansir Liputan6, Jumat (10/6/2017).

Namun perjuangan Jonatan Christie dkk. tak akan mudah di Indonesia Open tahun ini. Tommy Sugiarto bahkan harus menghadapi unggulan pertama, Lee Chong Wei, di babak pertama, Selasa (13/6/2017). Jika menang, Chong Wei berpeluang bertemu Ginting di babak kedua.

Di babak pertama Ginting di atas kertas dapat mengatasi perlawanan pemain India Prannoy H.S. Panji Ahmad Maulana juga langsung bertemu unggulan ketiga, Viktor Axelsen, di babak pertama jika lolos kualifikasi, Senin (12/6/2017). Di laga kualifikasi lain, Ihsan Maulana Mustofa dan Soni Dwi Kuncoro berpeluang baku bunuh untuk lolos ke babak utama.

“Soal undian berat, memang wajar. Ini kan turnamen kelas premier, kita nggak bisa memilih lawan. Namun peluang masih tetap ada. Kami terus mengasah kecerdikan pemain untuk meraih hasil terbaik,” ujar Hendry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya