SOLOPOS.COM - Suporter memberi dukungan kepada pemain Timnas Indonesia U-16 saat melawan Timnas Myanmar U-16 dalam laga semifinal AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DIY, Rabu (10/8/2022). (Antara/Andreas Fitri Atmoko)

Solopos.com, SLEMAN – Timnas U-16 Indonesia menang dramatis atas Timnas U-16 Vietnam pada babak semifinal Piala AFF U-16 2022. Indonesia pun lolos ke final diiringi “banjir” air mata di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DIY, Rabu (10/8/2022).

Indonesia sempat tertinggal telebih dahulu lewat tendangan keras pemain Myanmar, Nay Min Htet, pada menit ke-44. Indonesia mampu membalas melalui tendangan bebas terarah yang dilepaskan Riski Afrisal pada menit ke-69.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sepanjang pertandingan Myanmar menerapkan sepak bola bertahan total sehingga membuat para pemain Indonesia kesulitan menembus pertahanan lawan. Apalagi menjelang berarkhir pertandingan, Myanmar total bertahan dan hanya berusaha untuk membuang bola menjauhi gawang mereka nyaris tanpa arah.

Skor 1-1 bertahan hingga babak reguler semifinal Piala AFF U-16 2022 tersebut berakhir dan memaksa laga harus diakhiri lewat adu tendangan penalti.

Pada babak tendangan pas penalti ini Indonesia akhirnya meraih kemenangan dengan skor 5-4 setelah algojo Myanmar, Shine Wanna Aung gagal mencetak gol karena tendangannya berhasil diblok kiper Andrika Fathir Rachman. Indonesia menang dengan skor akhir 6-5 (pen. 5-4).

Lima penendang penalti Indonesia berhasil mencetak gol yaitu Iqbal Gwijangge, Figo, Arkhan Kaka, Riski Afrisal, dan Nabil Asyura. Sedangkan di kubu Myanmar empat penendang berhasiil mencetak gol yaitu Kaung Khant Zaw, Brang Don Le, Khon Cho Htoo, dan Myat Phone Khant.

Baca Juga: Indonesia Sudah Siapkan Algojo Terbaik di Semifinal Piala AFF U-16

Hasil ini membuat Indonesia berjumpa dengan Vietnam di final Piala AFF U-16 2022 pada Jumat (12/8/2022) malam WIB di Stadion Maguwoharjo. Sebelumnya, di babak penyisihan Grup A Piala AFF U-16, Indonesia pernah mengalahkan Vietnam dengan skor 2-1.

Sementara itu, suasana haru langsung terlihat setelah Indonesia lolos ke final. Tangisan pun pecah, air mata kebahagiaan pun seakan membanjiri Stadion Maguwoharjo.

Para pemain dan ofisial Timnas U-16 tak kuasa menahan tangis, mereka berpelukan sambil meluapkan keharuan. Bahkan coach Bima Sakti sampai terisak menahan tangis bahagianya.

Baca Juga: Suporter Geruduk Latihan Persis Solo, Ada Apa?

Sebagian penonton di tribune Stadion Maguwoharjo juga tak kuasa menahan tangis harus apalagi saat menyanyikan lagu Indonesia Pusaka. Dengan mengenakan berbagai atribut Indonesia seperti bendera Merah Putih, ikat kepala, jersey timnas mereka berkaca-kaca menyaksikan perjuangan Timnas U-16 untuk lolos ke final Piala AFF U-16 2022.

Di sisi lain, ofisial dan para pemain Myanmar juga menaruh respek terhadap Timnas Indonesia serta penonton di Stadion Maguwoharjo. Mereka bertepuk tangan dan melambaikan tangan kepada para penonton sebagai bentuk apresiasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya