Indonesia Dilanda Cuaca Panas, Ini Tips Jaga Stamina di Suhu Ekstrem

Agar tetap nyaman beraktivitas, ketahui tips jaga stamina di cuaca panas.
SHARE
Indonesia Dilanda Cuaca Panas, Ini Tips Jaga Stamina di Suhu Ekstrem
SOLOPOS.COM - Ilustrasi cuaca panas. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Cuaca panas terik tengah melanda di berbagai wilayah di Indonesia, ketahui tips jaga stamina tubuh di suhu ekstrim. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menegaskan bahwa cuaca panas yang terjadi saat ini bukan disebabkan gelombang panas. “Suhu panas terik yang terjadi di wilayah Indonesia bukan fenomena Gelombang panas,” terang Deputi Bidang Meteorologi Guswanto, melalui unggahan di akun Instagram Resmi BMKG seperti dikutip pada Minggu (15/5/2022).

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Saat Indonesia dilanda suhu ekstrem, sebaiknya ketahui tips jaga stamina tubuh di cuaca panas. Berdasarkan keterangan BMKG suhu maksimum tertinggi di Indonesia di bulan April selama 4-5 tahun terakhir sekitar 38,8 derajat Celcius terjadi di Palembang pada 2019. Adapun untuk suhu tertinggi di bulan Mei di kisaran 38,8 derajat celcius terjadi di Temindung Samarinda pada pada 2018.

Baca Juga: Panas Pooll! Suhu Udara Dunia Diprediksi Naik 50%

Menjaga stamina di saat cuaca ekstrem sangat penting. Hal ini lantaran cuaca panas bisa picu sejumlah keluhan misalnya dehidrasi. Karena tubuh mengeluarkan banyak cairan, tubuh kita menjadi terasa mudah lelah. Selain itu, udara yang kering membuat debu menjadi mudah masuk ke saluran pernapasan atau menempel pada makanan, sehingga menimbulkan infeksi saluran pernapasan dan infeksi saluran pencernaan.

Berikut ini tips jaga stamina di cuaca panas seperti dikutip dari toshiba-ac.co.id pada Minggu (15/5/2022):

1. Perbanyak Minum Air Putih Demi Mencegah Dehidrasi

Cuaca yang panas akan membuat Anda mudah berkeringat, sehingga tubuh akan mengalami dehidrasi (kurang cairan). Ketika tubuh sudah kekurangan cairan, seluruh organ yang bekerja akan melemah, sehingga rasa lemas bakal dirasakan.

Baca Juga: Sumuk Pol! Ini Penyebab Kota Solo Panas Kayak Gurun Pasir

Satu-satunya cara yang Anda harus lakukan adalah perbanyak minum air putih, ya! Setiap kali ke luar rumah, bawalah air mineral dalam botol sehingga Anda tidak lupa untuk minum dan terhindar dari dehidrasi.

2. Kurangi Kegiatan di Luar Ruangan yang Menguras Tenaga

Sinar matahari terik berlangsung sekitar pukul 10.00 hingga 14.00. Jika memungkinkan hindari sinar matahari langsung pada jam-jam tersebut, sehingga kulit Anda tidak terbakar matahari dan terhindar dari rasa pusing.

Akan lebih baik jika Anda melakukan aktivitas di dalam ruangan yang memiliki pendingin ruangan. Seperti Toshiba AC G2KCV yang memiliki kemampuan untuk mendinginkan ruangan dengan lebih cepat. Fiturnya yang unggul dapat mendukung semua aktivitas yang Anda lakukan, sehingga terasa lebih nyaman.

3. Gunakan Sunblock Untuk Menghindari Kulit Terbakar

Jika Anda benar-benar harus keluar rumah, maka gunakanlah tabir surya atau sunblock. Dengan sunblock, Anda dapat menghalau sinar ultraviolet yang berlebih. Selain itu, sunblock juga berguna untuk menjaga kulit agar tidak terbakar. Jika perlu, Anda juga dapat mempersiapkan pelembap bibir agar tidak mengalami bibir pecah-pecah.

Baca Juga: Rudy Sebut Dinamika Politik Pilpres 2014 Lebih Panas dari Pilpres 2024

4. Perbanyak Konsumsi Makanan sehat, Terutama Sayur dan Buah

Sayur dan buah mengandung kadar air yang tinggi dan bisa mengatasi dehidrasi. Juga mengandung mineral, vitamin, gula alami, dan asam amino yang membuat tubuh menyerap serta menyimpan cairan lebih banyak ketimbang hanya minum air putih. Selain itu, makan sayur dan buah juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga Anda tidak mudah sakit.

5. Rutinlah Berolahraga Untuk Menjaga Stamina

Cuaca terik tidak menjadi alasan agar Anda tidak olahraga. Karena, olahraga juga bisa dilakukan di rumah, kok. Anda bisa mencoba gerakan push up, sit up, squat, plank, dan lain-lain. Jangan sampai Anda malas berolahraga, karena olahraga bisa meningkatkan kekebalan tubuh, terutama saat cuaca makin terik. Bonusnya, berat badan ideal bisa Anda dapatkan.

Baca Juga: Tak Kuat Cuaca Esktrem, Perempuan di Bekasi Mandi dengan Air Es

6. Jangan Lupa Untuk Mengonsumsi Vitamin

Memang sering dilupakan. Namun, vitamin dapat menjaga tubuh dari serangan penyakit. Dengan vitamin, tubuh akan tetap bugar meski harus berhadapan dengan cuaca ekstrim. Tentu saja, Anda harus memperhatikan penggunaan vitamin dengan baik.

7. BerIstirahat Dengan Cukup di Malam Hari

Kurang tidur atau istirahat bisa membuat tubuh Anda mudah lelah dan stres. Anda tidak bakal bisa melakukan kegiatan dengan maksimal, apalagi jika cuaca sedang terik-teriknya. Jadi, usahakan untuk mengurangi begadang dan tidur yang cukup, setidaknya 8 jam per hari.

 

 

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago