SOLOPOS.COM - Petugas Bandara Soekarno-Hatta, Banten, mengecek kedatangan vaksin Pfizer, Jumat (26/11/2021). (Antara/Kemenkominfo)

Solopos.com, JAKARTA–Indonesia mendatangkan 5 juta dosis vaksin Covid-19 Pfizer untuk kembali memenuhi kebutuhan vaksin berplatform mRNA di Indonesia.

“Ini merupakan upaya Kemenkes untuk mempercepat penyuntikan vaksin dosis lengkap sampai booster,” kata Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu di Jakarta, Sabtu (29/10/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dia mengatakan sebanyak 5 juta dosis vaksin Pfizer hibah dari Covax Facility, sebagian sudah dikirimkan ke 25 provinsi di Indonesia.

“Lebih dari 2,5 juta vaksin Pfizer ini sudah didistribusikan ke provinsi serta kabupaten/kota. Sisanya, menjadi buffer stock pusat,” jelas dia.

Baca Juga: Stok Kosong, Dinkes Boyolali Hentikan Sementara Layanan Vaksinasi Covid-19

Maxi mengatakan distribusi Pfizer tergantung pada permintaan daerah serta situasi kasus yang sedang dialami.

Alokasi vaksin tertuang dalam Surat Edaran Dirjen P2P No SR.02.06/C/5115/2022 Tanggal 24 Oktober 2022 tentang Alokasi Distribusi Vaksin COVID-19 Pfizer Hibah Covax Facility dan Logistik Lain, kepada Dinas Kesehatan Provinsi, Polda, dan Institusi lainnya.

Baca Juga: Meski Belum Terdeteksi, Dinkes Sragen Minta Warga Waspada Covid-19 Omicron XBB

Terkait dengan pemanfaatan vaksin, Maxi mengingatkan bahwa alur penyuntikan vaksin harus dilakukan secara seksama sehingga vaksin dapat digunakan sebelum masa penyimpanan berakhir dengan ED Februari 2023.

“Vaksin Covid-19 Pfizer diberikan sebanyak dua dosis, masing-masing 0,3 ml secara intramuscular dengan masa interval 21 hari pada kelompok usia mulai 12 tahun ke atas,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya