SOLOPOS.COM - Stadion GBK (Dok/JIBI/Solopos/Antara)

Sejumlah pekerja merawat Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, awal 2013. (JIBI/SOLOPOS/Antara)

BUKITTINGGI—Indonesia berpeluang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 jika mendapat dukungan pemerintah dalam mengupayakan cita-cita itu. Demikian dinyatakan Ketua Masyarakat Sepak Bola Indonesia, Sarman El Hakim di Bukittinggi, Kamis (6/6/2013).

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Saat ini, ungkap dia, hanya dibutuhkan peran pemerintah dalam mengujudkan cita-cita tersebut. Dasar pernyataannya itu adalah hasil perhitungan dukungan suara yang dilakukan FIFA untuk Piala Dunia 2022.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut dia, dalam perhitungan dukungan suara itu, Indonesia memperoleh 14 suara. Sementara itu, Amerika Serikat tiga suara, Australia (dua suara), Jepang (satu suara), Korea Selatan (satu suara), Qatar (tidak mendapat suara) dan tak memilih (tiga suara).

Dari keadaan perhitungan suara tersebut menurut dia, Indonesia berpeluang besar menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 karena negara Jepang, Korea Selatan, Qatar dan Australia punya alasan tidak bisa jadi tuan rumah.

Dia menjelaskan, Jepang dan Korea Selatan tidak memungkinkan berpeluang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 dengan alasan telah pernah menjadi tuan rumah pada 2002. Sedangkan Australia, diduganya tidak menginginkan olahraga rugby yang menjadi olah raga budaya mereka hilang.

Sementara Qatar, menurut dia, tidak berpeluang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 karena akan terjadinya kerugian besar dalam biro perjalanan dunia serta budaya tertutup negara tersebut akan hilang. Dari beberapa alasan tersebut menurut dia, Indonesia sangat berpeluang menjadi tuan rumah pada 2022 jika pemerintah Indonesia mendukungnya.

Saat ini Masyarakat Sepak Bola Indonesia (MSB) kata dia, telah melakukan kampanye keliling dunia untuk mencari dukungan agar Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. “Sejauh kampanye keliling dunia yang telah dilakukan tersebut, yakni ke Afrika, Inggris, Prancis dan sejumlah negara di Eropa mendukung Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022,” kata dia.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya