SOLOPOS.COM - Ilustrasi satelit (Istimewa/Telegraph)

Satelit A2 akan segera diluncurkan oleh LAPAN.

Solopos.com, BOGOR – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) akan segera meluncurkan Satelit A2 pada September 2015 mendatang. Satelit tersebut memiliki tiga misi yakni pengamatan permukaan bumi, pemantauan kapal laut, dan komunikasi amatir pada orbit dekat akuatorial.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Satelit LAPAN-A2 sendiri merupakan hasil karya anak bangsa. Berbeda dengan satelit LAPAN-A1 yang dibuat di Jerman. Kepala LAPAN, Prof. Thomas Djamaluddin, mengatakan Satelit LAPAN-A2 dilengkapi dengan kamera digital memiliki resolusi 4-5 meter yang mampu melakukan pemetaan bumi termasuk deteksi kapal-kapal di perairan.

Ekspedisi Mudik 2024

“Salah satu misi utama dari peluncuran LAPAN-A2 ini adalah untuk mendukung program pemerintah di bidang kemaritiman yakni melakukan deteksi kapal-kapal di perairan Indonesia,” katanya dalam sosialisasi pemanfaatan teknologi satelit LAPAN-A2/Orari di Bogor seperti dilansir Antaranews, Jumat (14/8/2015).

“Kami akan mengundang Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk bisa memanfaatkan data yang diperoleh oleh satelit ini,” imbuh Thomas.

Thomas mengatakan, tidak hanya untuk mendeteksi kapal di perairan, satelit juga memiliki muatan yang dapat melakukan pedeteksian pulau-pulau terluar, kebencanaan, dan juga untuk jaringan komunikasi Orasi. Satelit LAPAN-A2 merupakan satelit hasil pengembangan para peneliti LAPAN yang rampung dikerjakan pada Agustus 2012. “Satelit LAPAN-A2 merupakan satelit mikro dengan bobot 78 kg, akan diorbitkan dengan ketinggian 650 kilo meter dari permbuatan bumi,” papar Thomas.

Dikatakannya, peluncuran satelit LAPAN-A2 akan dilakukan di India menumpang satelit induk Astro SAT milik negara tersebut. Rencananya LAPAN-A2 akan diberangkatkan dari Indonesia pada 30 Agustus mendatang. Kepala Pusteksat LAPAN, Suhermanto menyebutkan, pihaknya sengaja memilih bulan Agustus sebagai momen Hari Kemerdekaan ke-70 untuk memberangkatkan LAPAN-A2 yang tidak lain merupakan hasil karya anak bangsa.

Sementara itu, Deputi Teknologi Dirgantara LAPAN, Rika Andiarti, mengungkapkan setelah meluncurkan A1 dan A2, LAPAN juga akan merampungkan LAPAN-A3 yang merupakan hasil kerja sama dengan IPB untuk kepentingan pertanian. “Satelit LAPAN-A3 ini dikenal dengan nama LISAT rencana akan diluncurkan pada 2016 mendatang,” ungkap Rika seperti dikutip dari Okezone.com, Jumat (14/8/2015).

Ia menambahkan, selama kurun waktu lima tahun ini akan ada tiga setelit lagi yang akan diluncurkan oleh LAPAN, yakni LISAT atau LAPAN-A3 pada 2016, LAPAN-A4 pada tahun 2017-2018 dan LAPAN-A5 pada tahun 2019. “Setiap satelit memiliki misi yang berbeda-beda tetapi dengan pemanfaatan yang sama yakni untuk pemetaan, pertanian maupun kebencanaan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya