SOLOPOS.COM - Kelompok pertama umat muslim melakukan ibadah umrah dengan penerapan protokol kesehatan di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Sabtu (3/10/2020). (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Negara dengan populasi umat muslim terbesar ketiga di dunia, India, tak mau gegabah bersikap terkait ibadah haji 2021. Pemerintah India menegaskan masih menanti keputusan Arab Saudi sebelum menentukan apakah memberangkatkan jemaah haji atau tidak.

Hal itu ditegaskan Menteri Persatuan untuk Urusan Minoritas India Mukhtar Abbas Naqvi. Dia menyatakan Perdana Menteri Narendra Modi memastikan bahwa India akan mendukung keputusan pemerintah Arab Saudi terkait ibadah haji 2021.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Baca Juga: 3 Zodiak Ini Konon Paling Setia

“Haji akan tergantung pada keputusan pemerintah Arab Saudi. PM Narendra Modi mengatakan India akan mendukung pemerintah Arab Saudi dalam keputusan mereka. Tahun lalu, haji dibatalkan. Tahun ini, belum ada yang diputuskan,” kata Naqvi seperti dikutip Tempo.co dari Hindustan Times dan dikutip Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Selasa, (8/6/2021).

Pemerintah Arab Saudi tahun lalu melarang jemaah haji dari luar untuk membendung penyebaran penyakit virus corona pemicu Covid-19. Hanya sejumlah kecil jemaah haji domestik yang diizinkan.

Pembatasan tersebut adalah larangan pertama dalam sejarah baru-baru ini pada salah satu ibadah tahunan apa yang paling signifikan bagi umat Islam di seluruh dunia. Arab Saudi hanya mengizinkan 60.000 jemaah haji tahun ini agar prosedur kesehatan dapat dijalankan dengan ketat.

Indonesia Lebih Cepat

Dari jumlah tersebut, 15.000 dialokasikan untuk jemaah domestik, sementara itu 45.000 sisanya bagi jemaah dari berbagai belahan dunia. Namun belum ada keputusan soal kuota dan negara mana saja yang diizinkan mengirim jemaah dalam ibadah haji 2021.

Meski demikian, beberapa negara sudah mengambil keputusan lebih cepat untuk tidak memberangkatkan jemaah haji seperti Indonesia dan Singapura.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya