SOLOPOS.COM - Uzbekistan lolos ke semifinal Piala Asia U-23 setelah mengalahkan Arab Saudi, 2-0, Senin (26/4/2024) malam. (the-afc.com

Solopos.com, DOHA — Garuda Muda harus mewaspadai Uzbekistan yang akan menjadi lawan di semifinal Piala Asia U-23 di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Doha, Qatar pada Senin (29/4/2024) mendatang.

Pasalnya, Uzbekistan dihuni beberapa pemain muda yang berkompetisi di Liga Eropa.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Berdasarkan data di Tranfermarkt, setidaknya ada tiga pemain yang bermain di Prancis dan Rusia.

Mereka adalah Abdukodir Khusanov, 20, bek tengah milik RC Lens (Liga 1 Prancis); Abbosbek Fayzullaev gelandang serang CSKA Moscow (Russian Premier League), serta Umarali Rakhmonaliev, gelandang bertahan Rubin Kazan (Divisi Utama Rusia).

Di antara ketiganya, Abbosbek Fayzullaev mempunyai nilai pasar termahal yakni Rp86,91 miliar.

Kiper Uzbekistan Khamidullo Abdunabiev merupakan skuad FC Olympic, salah satu klub di liga teratas Australia.

Sisanya, para pemain Uzbekistan ini bermain untuk klub-klub di Timur Tengah dan liga domestik Uzbekistan.

Dibandingkan Tim Garuda yang menjadi skuad termuda (20 tahun) di Piala Asia U-23, rata-rata usia skuad Timnas U-23 Uzbekistan adalah 21,5 tahun.

Kalahkan Arab Saudi

Uzbekistan menjadi lawan Garuda Muda di babak semifinal Piala Asia U-23 yang akan digelar di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Doha, Qatar pada Senin (29/4/2024) mendatang.

Kepastian itu didapatkan setelah Uzbekistan memenangi laga perempatfinal kontra Arab Saudi dengan skor 2-0.

Gol Uzbekistan masing-masing dicetak Husain Norchaev pada menit ke-45+2 dan Rakhmonaliev pada menit ke-84.

Arab Saudi harus bermain dengan 10 pemain setelah salah satu pemainnya, Yahya, dikartu merah pada menit ke-70.

Dengan kemenangan ini, Uzbekistan lolos ke semifinal dan akan menghadapi Indonesia pada laga hari Senin (29/4/2024) di Stadion Abdulah bin Khalifa, Doha, Qatar.

Sebelumnya Timnas U-23 Indonesia melaju ke semifinal melalui kemenangan dramatis melawan Korsel, Jumat dini hari.

Pertandingan Indonesia versus Korsel berlangsung ketat dan harus dilanjutkan ke babak adu penalti setelah di waktu normal kedudukan sama kuat 2-2.

Adu penalti diwarnai sejumlah drama. Indonesia keluar sebagai pemenang setelah Pratama Arhan menuntaskan tugasnya di kesempatan terakhir sehingga kedudukan 11-10.

Setelah mencapai target lolos ke semifinal, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengajak Skuad Garuda Muda untuk menatap asa yang lebih besar yakni menjuarai Piala Asia U-23.

Harapan itu bukan mustahil melihat performa Garuda Muda saat ini. Berada di grup neraka, Indonesia sukses mengalahkan tim-tim kuat yakni Australia, Yordania dan terakhir Korea Selatan.

Erick Thohir adalah orang di belakang layar dari sukses Tim Merah Putih melangkah ke semifinal Piala Asia U-23.

Selain sukses melobi para pemain diaspora untuk bisa berlaga di Piala Asia U-23 yang bukan agenda FIFA, Erick Thohir juga bertindak sebagai motivator bagi skuad muda Garuda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya