SOLOPOS.COM - Crazy Rich Grobogan Suyudi akrab disapa Suhud (kedua dari kanan) berfoto bersama di Masjid Jami' Sumit Darussalam Desa Cingkrong, Kamis (28/7/2022). (Solopos/Arif Fajar S)

Solopos.com, SOLO – Ada lagi orang kaya atau Crazy Rich Grobogan yang ikhlas mengeluarkan dana dari uang pribadi untuk membangun masjdi senilai Rp2,3 miliar di Desa Cingkrong, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Kamis (28/7/2022).

Crazy Rich bernama Suyadi akrab disapa Suhud, 64, tahun ini pun mendadak tenar di Desa Cingkrong. Karena pria yang merantau ke Jakarta sejak 1976 ini membangun masjid yang diberi nama Masjid Jami’ Sumit Darussalam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pembangunan masjid yang berdiri di atas tanah desa tersebut dibiayai sendiri oleh Suyadi yang bekerja sebagai kontraktor dan usaha peleburan kaleng. Butuh waktu dua tahun untuk membangunnya.

Masjid Jami dengan lebar 17 meter dan panjang sekitar 25 meter tersebut diresmikan oleh Bupati Grobogan Sri Sumarni disaksikan masyarakat Desa Cingkrong.

Tak hanya ikhlas menyisihkan hartanya untuk membangun masjid tersebut, Suyadi juga menghibahkan bangunan masjid yang cukup megah tersebut ke masyarakat Desa Cingkrong.

Baca juga: Kolaborasi dengan Gibran, Crazy Rich Grobogan Singgung Tol Solo-Jogja

Suyadi Crazy Rich Grobogan ini menuturkan alasannya kenapa membangun masjid dengan biaya sendiri. Hal itu dimulai ketika hatinya tergerak setelah ziarah ke makam orang tuanya.

“Kebetulan makam orang tua saya berada di barat masjid ini . Saat itu sebelum di atasnya berdiri masjid kondisi tanahnya becek. Setiap pulang ziarah ada niat yang kuat untuk membangun masjid,” jelas Suyadi.

Setelah itu Suyadi alias Suhud menanyakan status tanah tersebut ke teman dekatnya, Pak Mat. Ternyata tanah tersebut milik Pemerintah Desa Cingkrong yang dimanfaatkan untuk madrasah.

“Saya pun bertemu Bu Kades (Jasmi), dan menyampaikan niat membangun masjid di atas tanah desa tersebut. Ternyata Bu Kades mendukung,” tuturnya.

Crazy Rich Grobogan
Masjid Jami’ Sumit Darussalam di Desa Cingkrong, Purwodadi yang dibangun Crazy Rich Grobogan. (Solopos/Arif Fajar S)

Baca juga: 54 TKI Disekap di Kamboja, 10 Orang dari Jateng

Suhud pun memulai membangun masjid mulai 2020, setiap ada dana dia sisihkan untuk pembangunan masjid hingga akhirnya siap untuk tempat beribadah dan diresmikan oleh Bupati Grobogan Sri Sumarni, Kamis (28/7/2022).

Bupati Sri Sumarni menyambut baik apa yang dilakukan Suyadi atau Suhud tersebut. Semakin banyak orang kaya atau crazy rich Grobogan membangun daerahnya semakin baik.

“Dulu membangun infrastruktur jalan, ini ada lagi membangun tempat beribadah. Ini wujud gotong royong mbangun Grobogan, terima kasih,” ujar Bupati Sri Sumarni.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya