Indahnya Sunrise di Taman Posong Lereng Sindoro Temanggung

Di taman ini, pengunjung bisa menikmati suasana matahari terbit atau sunrise di pagi hari. Selain itu juga banyak taman-taman bunga serta spot-spot yang Instagramable yang cocok untuk dijadikan latar swafoto.
Indahnya Sunrise di Taman Posong Lereng Sindoro Temanggung
SOLOPOS.COM - Wisata Taman Posong, Kaki Gunung Sindoro (Instagram/@adibgahari)

Solopos.com, TEMANGGUNG Tepat di kaki Gunung Sindoro, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, terdapat destinasi wisata yang menarik berupa taman dengan panorama alam yang indah dan mempesona. Dilansir dari Jatengprov.go.id, Rabu (24/11/2021), objek wisata dimaksud adalah Taman Posong di Desa Tlahab, Kecamatan Kledung,  Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

PromosiData dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

Objek wisata ini berhadapan langsung dengan Gunung Sumbing sehingga jika cuaca sedang cerah, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan dua gunung ikonik di Kabupaten Temanggung tersebut. Karena berada di kawasan lereng dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl), tidak heran jika suhu udara di sini cukup dingin. Selain itu juga kawasan ini sering terselimuti kabut.

Berdasarkan pantauan Solopos.com melalui kanal Youtube TRANS7 OFFICIAL, Jumat (3/12/2021), sejarah dibalik objek wisata Taman Posong ini berawal dari kisah peperangan Pangeran Diponegoro melawan tentara kolonial Belanda. Nama Posong berasal dari dua kata, yaitu ‘Pos’ dan ‘Kosong’ sehingga makna sesungguhnya adalah pos yang kosong. Saat itu,  Pangeran Diponegoro hendak mengecoh tentara Belanda dan saat menyerang kawasan Posong yang merupakan pos yang kosong, akhirnya Belanda berhasil terkecoh.

Baca Juga: 2 Ramalan Ramalan Jayabaya Ini Sudah Terbukti Benar

Taman wisata Posong ini sudah dibuka sejak 2009 namun dipercantik pada 2016. Taman ini juga merupakan bagian dari pengembangan desa wisata Tlahab dan dikelola oleh pihak wisata. Di taman ini, pengunjung bisa menikmati suasana matahari terbit atau sunrise di pagi hari. Selain itu juga banyak taman-taman bunga serta spot-spot yang Instagramable yang cocok untuk dijadikan latar swafoto.

Fasilitas lainnya berupa tenda perkemahan bagi pengunjung yang ingin berkemah, sehingga tidak perlu repot membawa peralatan berkemah dan mendirikan tenda. Untuk fasilitas perkemahan ini dibagi ke dalam beberapa paket yang disesuaikan dengan jumlah orangnya. Masing-masing paket juga memiliki fasilitas layanan yang berbeda.

Paket pertama ‘camp family full service’ dibandrol Rp1,2 juta yang merupakan paket untuk keluarga. Paket ini menawarkan dasilitas berupa tenda dengan kapasitas maksimal enam hingga tujuh orang. Kemudian ada bantal, penerangan, acara  api unggun, snack dan minum satu kali dan charger.

Baca Juga: Asale Orang Jawa, Keturunan Siapa?

Paket kedua adalah paket camp family ekonomi dengan tarif Rp700.000 per tenda. Fasilitasnya sama dengan  paket camp family full service. Hanya bedanya tidak ada acara api unggun, snack dan minum, dan makan satu kali.

Bagi yang ingin mendapatkan layanan full service bisa dengan membayar Rp150.000 per orang dan minimal 10 orang. Fasilitas yang didapat adalah tenda, kasur, bantal, sleeping bag, penerangan, acara api unggun, snack dan minum, dan makan satu kali. Ada juga paket berkemah Ekonomi. Tarifnya Rp80.000 per orang dengan fasilitas tenda, kasur, bantal, sleeping bag, dan penerangan. Peserta minimal 10 orang.

Sementara itu, bagi wisatawan yang ingin berkemah dengan membawa tenda sendiri alias tidak menggunakan tenda dari Taman Wisata Alam Posong, bisa memilih paket Biasa. Tarifnya Rp60.000 per orang. Fasilitas yang didapat area camping yang cukup luas. Tarif ini sudah termasuk biaya tiket masuk ke Taman Wisata Alam Posong serta penjagaan selama 24 jam.

Baca Juga: Asale Baturraden: Berawal dari Cinta Tragis Bak Romeo Juliet

Di wisata posong ini juga terdapat restoran yang menyajikan menu serta kuliner khas Temanggung. Misalnya cemplon yang mirip kudapan timus dan gamblong. Walau sama-sama berbahan baku singkong, tapi kedua kudapan ini memiliki rasa yang bertolak belakang. Cemplon manis, sedangkan gamblong lebih gurih dan asin.

Selain kuliner, jangan lupa untuk menyeruput kopi arabica khas Posong yang memiliki rasa dan aroma tersendiri. Di Taman Wisata Alam Posong juga terdapat kedai kopi dengan menawarkan sensasi ngopi di atas ketinggian. Tiket masuk ke wisata Taman Posong ini Rp20.000 per orang dan jam bukanya dari jam 4.30 WIB hingga 17.00 WIB.


Berita Terkait
    Berita Lainnya
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago