SOLOPOS.COM - Museum Masa Depan (Museum of The Future) di Dubai, Uni Emirat Arab. (wikipedia)

Solopos.com, DUBAI — Museum Masa Depan (Museum of The Future), sebuah bangunan yang disebut terindah di Bumi diresmikan di Dubai, Uni Emirat Arab, Selasa (22/2/2022).

Museum yang berbentuk bulan sabit perak dihiasi kaligrafi Arab itu berada di Sheikh Zayed Road, jalan utama kota tersebut. Saat peresmian museum itu, sisi bangunan itu diwanai sinar laser berwarna-warni yang menarik perhatian warga Dubai.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Museum Masa Depan secara resmi dibuka oleh penguasa Dubai Sheikh Mohammed bin Rashid Al-Makhtoum. Museum itu disebut memamerkan inovasi di bidang desain dan teknologi, membawa para pengunjung ke tahun 2071.

Papan petunjuk yang menunjukkan arah ke museum yang berjarak beberapa menit dari gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa, menyebut bangunan itu sebagai bangunan terindah di dunia.

Baca Juga: Viral! Bungkus BTS Meal Dibuang di Dubai, ARMY Indonesia Menangis

Sebelumnya, di Ibu Kota Uni Emirat Arab (UEA) sudah ada cabang dari Museum Louvre, Paris, yang izinnya diperpanjang pada tahun lalu menjadi hingga 2047 dengan biaya 165 juta euro.

Setelah diresmikan oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron pada akhir 2017, Louvre Abu Dhabi dkunjungi hampir 2 juta orang dalam tempo dua tahun sebelum Covid-19.

Museum ini akan mengintip ke dunia 50 tahun dari sekarang, memamerkan dan memprediksi bagaimana solusi generasi berikutnya yang melibatkan kecerdasan buatan hingga mengidentifikasi potensi ancaman dan merevolusi umat manusia untuk lebih baik.

“Ini adalah keajaiban arsitektur dan teknik dengan menerapkan teknologi canggih ke bentuk seni tradisional,” kata pejabat Uni Emirat Arab saat pembukaan.

Baca Juga: Mencintai Kearifan Lokal, DWP UNS Kunjungi Museum Keraton Surakarta

Terbuat dari fiberglass dan rangka baja tahan karat, pengembangan ini dirancang oleh firma arsitektur Killa Design, dan telah diakui oleh National Geographic sebagai salah satu dari 14 museum terindah di dunia.

Museum Masa Depan itu terdiri atas 7 lantai dengan yang didedikasikan untuk memberikan pengalaman berbeda kepada para pengunjung. Tiga lantai termasuk pameran yang berfokus pada pengembangan sumber daya luar angkasa, ekosistem dan bioteknologi.

Lantai lain akan memamerkan teknologi masa depan yang bertujuan merevolusi dunia dengan mengatasi tantangan di berbagai bidang yang mencakup kesehatan, air, makanan, transportasi, dan energi.

Lantai terakhir adalah semua tentang anak-anak kecil yang didedikasikan untuk anak-anak mengeksplorasi dan memecahkan tantangan dengan cara mereka sendiri untuk menjadi “pahlawan masa depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya