SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) (JIBI/Solopos/Antara/Andika Wahyu)

Inacraft 2015 digelar 8-12 April 2015 di Jakarta Convention Center Jakarta.

Solopos.com, JAKARTA – Pameran handycraft internasional ke-17 atau Inacraft yang berlangsung pada 8-12 April 2015 di Jakarta Convention Center resmi dibuka, Rabu (8/4/2015).

Promosi Apresiasi dan Berdayakan AgenBRILink, BRI Bagikan Hadiah Mobil serta Emas

Presiden Jokow Widodo dalam sambutannya saat membuka pameran itu mengatakan pangsa handycraft di dalam maupun luar negeri sangat baik karena kualitas produk dari Indonesia sangat baik.

Ekspedisi Mudik 2024

“Ini adalah pameran yang paling bergengsi untuk jenis kerajinan yang ada di negara kita,” kata dia.

Jokowi menegaskan Indonesia merupakan negara eksportir produk kerajinan ke-12 setelah Tiongkok, Italia, dan Vietnam. Indonesia diharapkan menjadi nomor satu. Ia telah memberitahukan hal itu kepada Menteri Perdagangan dan Menteri Koperasi.

?”Kalau kita mau masuk pasar Eropa ya cari desain dari sana. Pemerintah cari desain-desain yang baik dari Eropa yang baik dari Prancis, Italia ya cari dari sana. Desain kita akan terus bergerak ke pasar-pasar Internasional,” ujarnya.

Jokowi yang juga merupakan pelaku industri kerajinan mebel pernah merasakan sulitnya ikut pameran handycraft. Bahkan untuk mencari stand saja harus mengantre panjang.

“Oleh sebab itu kedepan peserta memang harus diseleksi secara ketat karena kualitas peserta juga menentukan kualitas produk. Kalau baik, pembeli yang datang juga semakin bertambah, tidak monoton tetapi melalui proses yang baik,” jelas dia.

Dalam persaingan global, dia menambahkan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yakni inovasi, desain, kemasan, dan warna. Tiga hal itu perlu diperhatikan oleh pelaku industri karena pasar terus bergerak dan berubah setiap tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya