SOLOPOS.COM - Gudang Bulog di Banyuwangi masih menyimpan beras impor dari Vietnam sebanyak 3.000 ton. (detik.com)

Solopos.com, JAKARTA – Impor Indonesia selama September 2021 meningkat 40,31% menjadi US$16,23 miliar dibandingkan periode yang sama tahun lalu senilai US$11,57 miliar.

Sebagian besar dari impor tersebut berasal dari China yakni senilai US$4,44 miliar atau setara dengan Rp63 triliun (asumsi kurs Rp14.200).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Impor September 2021 terdiri dari migas sebanyak US$1,86 miliar dan non migas US$14,37 miliar.

“Kalau dilihat komoditasnya itu adalah mesin peralatan, mekanis dan bagiannya HS 84. Kemudian mesin perlengkapan elektrik dan bagiannya HS 85,” kata Kepala Badan Pusat Stastik (BPS) Margo Yuwono dalam konferensi pers, Jumat (15/10/2021) seperti dikutip Detik.com.

Disusul Jepang

Impor terbesar selanjutnya berasal dari Jepang dengan nilai US$1,40 miliar. Porsinya, sebesar 9,75% dari total impor non migas.

“Kalau kita lihat komoditas utama yang di Jepang itu adalah komoditas mesin, peralatan mekanis dan bagiannya atau HS 84. Dan juga kendaraan dan bagiannya atau dengan kode HS 87,” ujarnya.

Baca Juga: Indonesia Jadi Impor Beras? Mungkin, Begini Penjelasan Menteri Perdagangan 

Urutan ketiga ada Thailand dengan nilai US$ 0,85 miliar atau dengan porsi 5,94%.

Di bawah Thailand ada sejumlah negara di antaranya Australia, Amerika Serikat, Singapura, Korea Selatan, India, Malaysia dan Taiwan.

Jika dilihat dari barangnya, kenaikan impor paling besar terjadi di bahan bakar mineral, yang mengalami penambahan impor US$ 276,7 juta.

Lalu diikuti mesin peralatan sebesar US$ 63,7 juta.

“Impor non migas ini di September yang terjadi penurunan cukup besar HS 85, yaitu mesin perlengkapan elektrik dan bagiannya, turun US$ 122,8 juta. Impor penambahan cukup besar kan tadi HS 27 di mana September ini bertambah US$ 276,7 juta. komoditas utamanya peningkatan impor olahan batu bara,” terangnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya