SOLOPOS.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Impor beras akan dilakukan pemerintah sebagai solusi jika El Nino berkepanjangan.

Solopos.com, PALEMBANG – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memastikan pemerintah akan mengambil langkah impor beras jika kekeringan yang merupakan dampak El Nino terus terjadi hingga November mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jusuf Kalla mengatakan impor merupakan salah satu opsi yang bakal diambil pemerintah manakala produksi padi tak bisa digenjot lagi karena kekeringan.

“[impor] Jadi salah satu opsi kalau memang tidak bisa lagi dan El Nino berkepanjangan,” kata JK di sela-sela peringatan Hari Pangan Sedunia di Palembang, Sabtu (17/10/2015).

Menurut dia, perkiraan pemerintah terhadap fenomena El Nino yang melewati Indonesia meleset karena kekeringan diprediksi bakal berlanjut sampai November 2015.

“Kami tidak memprediksi sampai November, kalau sampai November dan Desember pasti tidak mungkin lagi [tingkatkan produksi],” kata JK.

Sebelumnya, urai Wapres, pihaknya mengambil kebijakan yang berfokus untuk menggenjot produksi sawah namun kondisi tampaknya tidak membuat peningkatan produksi itu berjalan optimal.

Dampak El Nino berupa kekeringan telah dirasakan di Sumsel yang mana tercatat 20.000 hektare sawah di provinsi itu telah gagal panen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya