SOLOPOS.COM - Ilustrasi beras impor (JIBI/Bisnis/Dok.)

Impor beras dilakukan oleh pemerintah dengan alasan menjaga ketersediaan stok pangan.

Solopos.com, JAKARTA – Sejumlah daerah di Indonesia mulai menerima pengiriman beras impor untuk menjaga stok pangan akibat gejolak cuaca El Nino yang memicu kekeringan di banyak tempat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Sudah [beras impor masuk]. Ada di banyak pelabuhan, bukan hanya Jakarta,” kata Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) saat ditemui di Istana Wapres, Jakarta, pada Rabu (11/11/2015).

Menurut JK, pelaksanaan impor beras dilakukan untuk memenuhi persediaan stok beras di beberapa daerah di Indonesia akibat panen yang mundur karena kekeringan.

Menurut data dari Bulog, sejumlah daerah telah menerima beras luar negeri untuk persediaan.

“Yang paling penting pemerintah menyiapkan cadangan [beras] nasional yang cukup. Nah termasuk dari impor tidak apa-apa,” kata JK.

Wapres menjelaskan kekeringan pada Agustus hingga November 2015 memicu mundurnya masa panen gabah sehingga persediaan beras untuk tahun depan berkurang.

“Demi rakyat, bukan demi hanya satu orang untuk menjaga citra, tidak. Demi menjaga jangan harga beras naik,” kata JK.

Sebelumnya pada Rabu (4/11/2015), sebanyak 4.800 ton beras asal Vietnam tiba di Manado, Provinsi Sulawesi Utara.

Kepala Perum Bulog Divre Sulawesi Utara (Sulut) Sabaruddin Amrulla mengatakan impor beras dilakukan untuk menjaga stok pangan di provinsinya yang mulai minim.

Sementara itu pada Minggu (8/11/2015), Bulog Merauke berencana mendatangkan beras impor dari Vietnam karena persediaan menipis akibat petani yang tidak mampu memenuhi kebutuhan.

“Untuk memenuhi kebutuhan beras di wilayah sub Divre Merauke maka harus didatangkan dari luar sebanyak 3.000 ton,” kata Kepala Bulog Sub Divre Merauke Zulkarnaen Nurdin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya