SOLOPOS.COM - Kantor Sekretariat Imapres Wonogiri yang mulai dapat dipakai 6 Maret 2022 di kompleks Gor Giri Mandala, Kabupaten Wonogiri. Foto diambil Minggu (13/3/2022). (Solopos/Luthfi Shobri Marzuqi)

Solopos.com, WONOGIRI — Joko Sutopo alias Jekek telah terpilih sebagai bupati Wonogiri di periode keduanya, 2021-2026. Sejak terpilih sebagai bupati di Wonogiri tahun 2016, Bupati Jekek langsung berkomitmen mendukung generasi potensial dengan memberikan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi.

Di periode I (17 Februari 2016-17 Februari 2021), Jekek yang berpasangan dengan Edi Santosa memiliki berbagai program. Hal itu termasuk memberikan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi di bidang pendidikan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bupati Jekek berharap generasi potensial di Wonogiri dapat memberikan kontribusi positif ke daerah setempat. Gagasan Bupati Jekek yang peduli di bidang pendidikan itu langsung dirumuskan lebih lanjut, baik teknis seleksi hingga penyesuaian regulasi agar pemberian beasiswa yang bersumber dari APBD tak menabrak peraturan. Setelah perumusan rampung, program beasiswa langsung dapat dirasakan ratusan mahasiswa berprestasi di Wonogiri.

Baca Juga : Babak Baru Perseteruan Bupati Wonogiri dengan Kades Karangtengah.

Saat ini, Bupati Jekek sedang menjalani masa kepemimpinan di tahap II (26 Februari 2021-2026). Bupati Jekek yang berpasangan dengan Setyo Sukarno tetap melanjutkan program beasiswa tersebut.

Pelaksana Tugas (PLt) Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Wonogiri, F.X. Pranata, mengatakan Pemkab Wonogiri menyiapkan anggaran senilai Rp7,5 miliar untuk mahasiswa berprestasi di tahun 2022.

Setiap mahasiswa penerima beasiswa diwajibkan mengikuti proses seleksi. Poin penting dalam proses seleksi, yakni setiap peserta harus mengajukan rencana kerja. Hal itu termasuk visi belajar dan sejauh mana kontribusi kepedulian masing-masing mahasiswa berdasarkan kompetensi dan minat setelah dinyatakan diterima sebagai mahasiswa berprestasi.

Baca Juga : Hipmi Wonogiri Fasilitasi UMKM Agar Lebih Dikenal.

“Guna mewujudkan kontribusi itu melalui forum Imapres. Jadi, mereka bisa mengolaborasi kompetensi dan minat antara satu dan lainnya bersama-sama,” saat ditemui Solopos.com, di ruang kerjanya, Selasa (15/3/2022).

Program pemberian beasiswa selaras dengan visi dan misi yang diusung Bupati Jekek. Sebagaimana dikutip dalam laman Pemerintah Kabupaten Wonogiri, visi Kabupaten Wonogiri tahun 2021-2026, yakni Mewujudkan Wonogiri yang Maju, Mandiri, dan Sejahtera dengan semangat Go Nyawiji Sesarengan Mbangun Wonogiri. Sedangkan salah satu misinya berupa menjadikan rakyat Wonogiri yang lebih pintar, lebih sehat, dan lebih berbudaya.

Misi menjadikan rakyat Wonogiri yang pintar bertujuan mewujudkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas melalui penguatan dan pemantapan kualitas pendidikan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi. SDM pintar adalah sumber daya yang mampu bersaing dalam era globalisasi yang semakin terbuka. Sehingga dituntut kualitas SDM yang mampu bersaing secara kompetitif dalam kompetensi dan kualifikasi.

Baca Juga : Dana Covid-19 Seluruh Desa di Wonogiri Rp17 M, Pemkab Beri Panduan.

Misi menjadikan rakyat Wonogiri yang lebih sehat bertujuan mewujudkan SDM yang berkualitas melalui penguatan dan pemantapan kualitas hidup dengan peningkatan sarana prasarana kesehatan dan kualitas pelayanan kesehatan berbasis ilmu pengetahuan teknologi (Iptek) dan inovasi. SDM yang sehat adalah sumber daya yang mampu bersaing untuk meningkatkan indek pembangunan manusia.

Misi menjadikan rakyat Wonogiri yang berbudaya merupakan upaya bagaimana membentuk karakter masyarakat Wonogiri yang semakin berbudaya di tengah arus keterbukaan informasi dunia yang nyata. Selanjutnya bagaimana masyarakat Wonogiri tetap kuat menjaga etika dan norma serta nilai budaya asli Wonogiri serta menjaga kearifan lokal sejak dini.

Ketua Ikatan Mahasiswa Berprestasi (Imapres) Kabupaten Wonogiri periode 2022, Abimanyu Arya Ramadhan, mengatakan tahap reorganisasi kepengurusan Imapres sudah berlangsung pada pertengahan Januari 2022.

Baca Juga : Covid-19 Wonogiri Meningkat, Jekek: Belum Ada Varian Omicron.

Terhitung mulai 6 Maret 2022, Imapres memiliki sekretariat baru. Lokasinya di kompleks Gor Giri Mandala, Kabupaten Wonogiri. Sekretariat Imapres kini sudah mulai ditempati sebagai tempat berkumpul dan menggarap berbagai program kerja. Sebelum menjadi sekretariat Imapres, ruang itu tadinya merupakan sekretariat Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Wonogiri.

“Awal mulanya kan kami tidak punya kantor, sejak 2016 sampai 2020. Dan kebetulan pada 2021, Imapres ini dialihkan dari berada di bawah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan [Disdikbud] ke Dinas Pemuda dan Olahraga, dan Pariwisata [Disporapar],” kata Ketua Imapres periode 2022, Abimanyu Arya Ramadhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya