SOLOPOS.COM - Anggota Polsek Panggang membantu seorang pengendara mobil yang tersesat di tengah hutan di Kalurahan Giriwungu, Panggang, Gunungkidul pada Minggu (22/1/2023) dini hari. - Ist

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Pengemudi mobil asal Jabon, Magelang, Jawa Tengah, tersesat di tengah hutan di Dusun Pentung, Giriwungu, Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (22/1/2023) dini hari. Pengemudi mobil itu tersesat di hutan saat mengikuti petunjuk jalan dari aplikasi Google Maps.

Pengemudi bernama Puspita Rahmawati, 38, itu mengendarai mobil hanya dengan anaknya yang masih kecil. Mereka berdua awalnya datang ke Panggang untu menghadiri kegiatam temu bisnis yang baru rampu rampung pada tengah malam.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Lantaran ingin cepat sampai ke Jogja, Lailiana langsung pergi seusai acara rampung. Berbekal petunjuk arah dari Google Maps di gawai, ia langsung mengikuti arahan yang ada.

Waktu mengikuti arah di Google Maps, ternyata arah yang ditunjukkan semakin menjauh dari pemrukiamn warga. Jalan yang dilalui awalnya cor blok lama-lama hnaya jalan berupa tanah yang sekitarnya banyak tanaman dan pohon.

Melihat kondisi ini, Lailiana pun panik dan kebingungang hingga akhirnya menelpon kontak center kepolisian 110. Selanjutnya petugas meluncur ke lokasi.

Kapolsek Panggang, AKP Anang Prastawa, mengatakan seusai mendapatkan laporan itu, petugas langsung diterjunkan untuk mencari keberadaan pengemudi mobil. Butuh waktu sekitar 40 menit untuk menemukan lokasi mobil tersesat itu.

“Cuacanya sedang gerimis. Untuk lokasinya berada di tengah hutan dengan jarak dari jalan beraspal sekitar 1,2 kilometer,” katanya, Minggu (22/1/2023) siang.

Untuk evakuasi, salah seoarang anggota polsek membantu menyopiri dengan dibantu rekannya untuk memberikan penerangan serta panduan agar bisa keluar dari lokasi. Adapun kondisi jalan hanya cukup dilalui satu mobil saja.

“Jadi harus berjalan mundur dengan disorot lampu patroli,” katanya.

Mantan Kasubag Humas Polres Gunungkidul ini menambahkan, proses evakuasi berjalan dengan lancar. Sebelum meninggalkan Panggang, pemilik kendaraan yang tersesat sempat dimintai keteraangan terlebih dahulu di mapolsek.

“Kemungkinan menurut aplikasi penunjuk arah. Pengemudinya panik karena jalan yang dilalui tinggal jalan alami sehingga memutuskan menghubungi kontak center polisi,” katanya.

Dia berharap kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati. Selain itu, apabila mengalami kesulitan atau butuh pertolongan bisa menghubungi polsek terdekat.

“Kami tidak bisa mengatur keperluan setiap orang. Jadi, saya hanya mengingatkan kalau butuh bantuan bisa menghubungi kontak polisi, kami siap memberikan bantuan,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Pulang dari Gunungkidul, Warga Magelang Tersesat Dini Hari di Tengah Hutan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya