SOLOPOS.COM - Warga mengantre untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan DKK Solo di ajang CFD kawasan Ngarsopura, Minggu (22/5/2022). (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLO — Sedikitnya 170 orang mengikuti vaksinasi Covid-19 di bus vaksinasi milik Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo yang buka di ajang car free day atau CFD kawasan perempatan Ngarsopuro, Solo, mencatat hingga kali kedua car free day (CFD) Solo.

Pada CFD yang digelar kembali untuk kali kedua, Minggu (22/5/2022), peserta vaksinasi di lokasi itu mendapatkan bingkisan berisi makanan dan perlengkapan mandi. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan DKK Solo, Sri Rahayu Susilowati, saat ditemui Solopos.com di sela-sela kegiatan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dia mengatakan bingkisan-bingkisan tersebut memang disediakan untuk para peserta vaksinasi. “Ini ada support dari donatur. Setelah vaksinasi mereka dapat bingkisan,” jelasnya.

Berdasarkan pantauan Solopos.com di gerai vaksinasi Covid-19 CFD kawasan Ngarsopuro, Solo, Minggu pukul 08.30 WIB, ada beberapa tahap yang harus dilalui calon peserta vaksinasi. Pertama, harus melakukan registrasi.

Setelah input data administratif berhasil, peserta melakukan cek kesehatan seperti riwayat penyakit dan tekanan darah. Bila lolos, peserta akan diarahkan menuju bus vaksinasi.

Baca Juga: Ini Lokasi dan Jadwal Vaksinasi Covid-19 di Solo dari Pagi sampai Malam

Setelah mendapat vaksinasi, peserta wajib melakukan observasi sekaligus petugas akan melakukan pencatatan riwayat vaksinasi dan cetak bukti vaksinasi. Selanjutnya, peserta diberi bingkisan dan boleh meninggalkan lokasi vaksinasi.

Pada pelaksanaan CFD kedua, Minggu (22/5/2022) pukul 08.47 WIB, setidaknya 170 orang mendaftar. Menurutnya, jumlah peserta vaksinasi pada CFD kedua lebih banyak dibanding saat CFD pertama.

Hal itu diduga karena masyarakat sudah mengetahui adanya gerai vaksinasi Covid-19 di CFD Solo dan sosialisasi sudah dilakukan lebih baik lagi. “Ini masih jalan dan nomor antrean sudah sampai 170. Semoga semua bisa tervaksinasi karena masih ada meja screening diperiksa tekanan darah dan lain-lain,” jelas Sri Rahayu.

Baca Juga: Lebih Ramai, Pengunjung CFD Jl Slamet Riyadi Solo Padat Umpel-Umpelan

Anak-Anak Hingga Orang Lansia

Sebelumnya pada CFD pertama, Minggu (15/5/2022), DKK Solo mencatat setidaknya ada 157 orang tervaksinasi. Jumlah tersebut belum termasuk orang yang tidak lolos skrining Kesehatan. “Minggu lalu yang tervaksin 157 orang. Itu kalau yang datang mestinya lebih banyak mungkin ada yang enggak lolos,” tuturnya.

Usia peserta vaksinasi bervariasi mulai dari enam tahun hingga 11 tahun untuk vaksinasi dosis 1 dan 2. Bahkan, masih ada orang dewasa yang melakukan vaksinasi dosis 1 dan 2. Namun, Sri Rahayu mengatakan hal itu bisa jadi karena faktor kesehatan maupun kesibukan masing-masing.

Bus yang disediakan untuk vaksinasi Covid-19 di ajang CFD Solo cukup tinggi. Ada setidaknya enam anak tangga. Namun peserta vaksinasi lansia tak perlu khawatir. Peserta yang terkendala naik ke bus vaksinasi akan dibantu oleh petugas yang berjaga.

Baca Juga: Wah! Mobil Perpustakaan Keliling Diserbu Anak-Anak di CFD Solo

“Karena bus vaksinnya kan naik tangga. Kalau ada lansia yang terkendala naik kami datangi ke lokasinya untuk divaksinasi,” katanya. Salah satu peserta vaksinasi asal Semanggi, Pasar Kliwon, Inung Nugroho, mengaku tahu ada vaksinasi di Ngarsopuro saat ia jalan-jalan bersama keluarganya di CFD.

Ia kemudian menyempatkan diri untuk melakukan vaksinasi. “Iya tadi CFD-an, tau ada ini ya udah vaksin sekalian,” jelasnya saat diwawancarai Solopos.com.

Inung tidak mengetahui jika peserta vaksinasi boleh mengambil bingkisan yang disediakan. Namun ia enggan meminta karena petugas sudah mulai membereskan lokasi. “Oh iya ta? Enggak apa-apa lah, udah kukut [beres-beres] semua itu,” jelasnya sambil tertawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya