SOLOPOS.COM - Veda Ega Pratama bersama Presiden Joko Widodo dalam Parade MotoGP Mandalika 2022 di Istana Merdeka, Rabu (16/3/2022). (Antara/HO-AHM HONDA)

Solopos.com, JAKARTA – Rombongan parade atau konvoi MotoGP melintasi Jl. Merdeka Utara, kemudian melewati Jl. Medan Merdeka Barat, berlanjut menyusuri Jl. MH. Thamrin, hingga berakhir di Hotel Kempinski, Jakarta, pada Rabu (16/3/2022).
Di antara para pembalap MotoGP tersebut terdapat talenta asal Indonesia Veda Ega Pratama. Veda yang kini berusia 13 tahun menjadi pembalap termuda pada Parade MotoGP Mandalika 2022 Pembalap jebolan Astra Honda Racing School ini berkendara menggunakan motor sport Honda CBR250RR tipe SP QS produksi pabrik AHM di Karawang, Jawa Barat.

Baca juga: Konvoi Pembalap MotoGP Panaskan Jalanan Jakarta, Siapa Saja Mereka?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dengan racing suit lengkap yang biasa dia gunakan saat balapan di sirkuit, Veda mengendarai sepeda motor yang mengusung DNA Total Control CBR Series.
Pembalap asal Wonosari, Gunungkidul itu mengungkapkan rasa bangganya dapat menjadi bagian dari kegiatan bersama para pembalap dunia untuk mewakili Indonesia.
“Saya senang sekali dapat kesempatan bertemu langsung dengan Bapak Presiden, ditambah saya bisa berkendara bersama para pembalap hebat MotoGP di Parade MotoGP Mandalika. Pengalaman tak terlupakan dan yang akan menjadi penyemangat saya meniti karier untuk menjadi pembalap kelas dunia, membanggakan Indonesia di dunia balap internasional,” kata Veda dikutip Antara, Rabu.
General Manager Marketing Planning & Analysis AHM, Andy Wijaya, mengapresiasi gelaran Parade MotoGP Mandalika 2022 yang diharapkan dapat semakin meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap olahraga balap motor di Indonesia dan juga memperkuat semangat juang pembalap binaan AHM dalam memberikan prestasi terbaiknya di sirkuit Mandalika, akhir pekan ini.
“Keikutsertaan Veda sebagai pembalap binaan AHM dan juga Mario [Aji] yang kami antarkan menuju kejuaraan dunia tahun ini diharapkan menjadi inspirasi bagi generasi muda, khususnya para penbalap berbakat Tanah Air, untuk terus bersemangat mewujudkan mimpi membanggakan Bangsa Indonesia,” ujar Andy.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Antrean Penukaran Tiket MotoGP Mandalika Mengular Sejak Pagi

Konsistensi komitmen AHM untuk melahirkan bibit pembalap muda membanggakan telah dijalankan sejak tahun 2010 dengan melatih pembalap muda bertalenta melalui pembinaan berjenjang dan terstruktur.
Tahapan pembinaan dimulai sejak usia dini di bawah 14 tahun melalui program Astra Honda Racing School (AHRS) serta pembalap dari berbagai daerah juga diwadahi melalui gelaran balap bertajuk Honda Dream Cup (HDC).
Tahun ini, AHM menurunkan empat pembalap belia di ajang IATC 2022. Veda juga ditemani Reykat Yusuf Fadillah, Aan Riswanto, dan Muhammad Dyandra Trihardika. Pada seri perdana pekan lalu (6 Maret 2022) di Lusail International Circuit, Qatar, para pembalap binaan AHM tampil cukup cemerlang.

Baca juga: Juara di Qatar, Pembalap Gunungkidul Ternyata Latihan di Pasar Hewan

Prestasi perdana yang membanggakan dan menjanjikan, Veda berhasil meraih podium III pada race kedua. Hal itu menjadi catatan bersejarah baginya, yang kali pertama mengikuti balapan internasional dan berhasil mengibarkan bendera Merah Putih di depan jutaan pasang mata dari mancanegara.
Pada akhir pekan ini, Veda dan tiga pembalap Indonesia lainnya akan berlaga pada ajang Idemitsu ATC putaran kedua yang diselenggarakan di Mandalika International Street Circuit, Lombok, NTB.
Sementara itu, Mario Suryo Aji yang merupakan lulusan AHRS saat ini sedang melanjutkan karier balapnya menjadi pebalap Honda Team Asia (HTA) serta menjadi satu-satunya pembalap muda Indonesia yang terjun pada ajang Moto3 World Championship juga akan berlaga pada akhir pekan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya