SOLOPOS.COM - KGPAA Mangkunagoro X Bhre Cakrahutomo naik kereta kencana saat mengikuti kirab Solo Menari 2022 di sepanjang Jl Jenderal Sudirman menuju Balai Kota Solo, Jumat (29/4/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Mangkunagoro X Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo dan Putra Mahkota Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat KGPH Purboyo ikut kirab Solo Menari 2020 di sepanjang Jl Jenderal Sudirman menuju Balai Kota Solo, Jumat (29/4/2022).

Dalam kesempatan itu, keduanya naik kereta kencana terpisah sepanjang jalur kirab yang hanya sekitar 300 meter dari The Royal Surakarta Heritage ke Balai Kota Solo. Bhre naik kereta kencana terbuka atau tanpa atap.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Ia duduk dengan seorang perempuan dan seorang laki-laki. Sepanjang perjalanan mereka bertiga terlihat asyik mengobrol. Bhre terlihat gagah dengan beskap warna hitam dan jarit serta belangkon.

Sementara KGPH Purboyo yang juga tak kalah gagah dengan beskap hitam dan belangkon naik kereta tertutup dengan pintu dan jendela kaca serta atap. Dia terlihat sendiri di dalam kereta itu. Sepanjang rute kirab Solo Menari 2022 itu dia menebar senyum dan melambaikan tangan ketika warga memanggil namanya.

kirab solo menari 2022
KGPH Purboyo naik kereta kencana saat mengikuti kirab Solo Menari 2022 di sepanjang Jl Jenderal Sudirman menuju Balai Kota Solo, Jumat (29/4/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Selama kirab berlangsung, jalur pada sisi barat Jl Jenderal Sudirman ditutup. Sementara kendaraan dari arah berlawanan berhenti mengabadikan para pemimpin muda yang turun ke jalan tersebut.

Baca Juga: Digelar di 5 Tempat, Solo Menari 2022 Lebih Meriah

Sementara itu selain dua sosok keturunan trah Mataram itu, kirab Solo Menari 2022 juga diikuti oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Gibran mengajak serta putra sulungnya, Jan Ethes Srinarendra.

5 Lokasi

Keduanya yang sama-sama mengenakan pakaian Parikesit menunggang kuda. Gibran tak mengenakan alas kaki dan berambut gondrong sementara Ethes mengenakan sepatu sneakers warna hitam.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno juga ikut dalam kirab. Seperti Gibran dan Jan Ethes, Sandiaga juga menunggang kuda di barisan depan.

Baca Juga: Wah, Bhre MN X & Pangeran Purboyo Ikut Meriahkan Solo Menari 2022 Besok

Event Solo Menari 2022 yang digelar dalam rangka memperingati Hari Tari Dunia atau World Dance Day tiap 29 April itu digelar di lima tempat. Lobi depan Solo Square Mall mendapat giliran pertama sekaligus pembukaan pada pukul 08.30 WIB.

Selanjutnya di Loji Gandrung pada pukul 10.00 WIB, area Pasar Ngarsapura pukul 14.15 WIB, area parkir McDonald’s Slamet Riyadi pukul 15.30 WIB. Sementara halaman Balai Kota Solo menjadi lokasi terakhir pada pukul 16.30 WIB.

Setiap tempat mengangkat kisah banjaran Parikesit. Penonton juga bisa menyaksikan pentas secara virtual melalui kanal Youtube Disbudpar Surakarta , Pariwisata Solo, dan Gibran TV.

Baca Juga: Lucunya Jan Ethes Pakai Baju Parikesit Saat Ikut Gibran di Solo Menari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya