[ X ] CLOSE

Ikut Kecipratan Berkah, Mahasiswi Pengunggah Video Pedagang Agar-Agar Beli Nasi Padang Rp5.000 Dapat Beasiswa

Elsa Amelia, pengunggah video tukang agar-agar beli nasi padang dengan uang Rp5.000 yang viral, mendapat apresiasi dari Rektor Universitas Garut.
Ikut Kecipratan Berkah, Mahasiswi Pengunggah Video Pedagang Agar-Agar Beli Nasi Padang Rp5.000 Dapat Beasiswa

Solopos.com, GARUT — Masih ingat dengan Mang Eman, 51, pedagang agar-agar keliling di Garut, Jawa Baratm yang mendapat donasi hingga Rp108 juta? Donasi itu terkumpul setelah video Mang Emang membeli nasi padang dengan uang hanya Rp5000 alias goceng viral di TikTok.

Adalah Elsa Amelia, 19, yang mengunggahnya di akun TikTok-nya. Dari video singkat itu, banyak warganet yang berempati dengan Mang Eman. Kemudian beberapa teman teman Elsa memintanya menggalang donasi untuk Mang Eman. Awalnya enggan, namun Elsa kemudian mau melakukannya. Hasilnya, uang donasi Rp108 juta berhasil dikumpulkan dan langsung diserahkan ke Mang Eman.

Berawal dari video Elsa itu, kondisi ekonomi Mang Eman mulai terbantu.

Keluarga Mang Eman bahkan sangat berterima kasih kepada Elsa. Untuk menghargai Elsa, Mang Eman bakal memberikan nama serupa bagi bayi yang dikandung istrinya jika berjenis kelamin perempuan.

Baca Juga: Hanya Punya Duit Rp5.000 untuk Beli Nasi Padang, Pedagang ini Dapat Donasi Rp108 Juta dari Netizen

“Insya Allah, sebagai bentuk penghargaan karena ini momen sejarah. Tapi namanya di balik, Amelia Elsa,” ujar Lilis, istri Mang Eman kepada wartawan, Selasa (3/8/2021).

Elsa saat ini diketahui tercatat sebagai mahasiswa semester 5 Fakultas MIPA Universitas Garut (Uniga). Dia akan mendapat beasiswa dari kampus. “Nanti kita rekomendasikan supaya beliau bisa dapat beasiswa unggulan,” ucap Rektor Uniga, Abdusy Syakur, saat diminta konfirmasi, Rabu (4/8/2021).

Syakur mengapresiasi Elsa lantaran dianggap bisa menginspirasi dan membantu orang di masa pandemi Covid-19 ini.

“Ini bukan hanya menceritakan kesusahannya, tapi mencari solusi. Saya bangga dia memiliki kepekaan,” katanya.

Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago