SOLOPOS.COM - Ilustrasi pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) baru memulai Pembelajaran Tatap Muka atau PTM seusai libur Lebaran 2022, Kamis (12/5/2022). Hal itu sesuai keputusan Kemenag dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Solo, Hidayat Maskur, mengatakan siswa-siswi madrasah baik MTs dan MA sebenarnya sudah mulai mengikuti pembelajaran sejak Senin (9/5/2022). Namun, pembelajaran dilakukan secara jarak jauh.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Baru pada Kamis (12/5/2022), PTM bagi siswa-siswi madrasah di Solo dimulai. Hidayat mengatakan hal itu guna membantu kelancaran arus balik pemudik pada Lebaran 2022.

“Masuknya sudah 9 Mei 2022 kemarin. Hanya sesuai surat edaran dari Kemenag pusat dalam rangka membantu kelancaran arus balik diminta sampai hari Rabu pembelajaran pakai daring. Hari ini baru PTM,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Kamis.

Sementara itu, imbuhnya, sejak awal masuk seluruh pejabat atau aparatur sipil negara (ASN) Kemenag Kota Solo sudah melakukan work from office (WFO). “Semua WFO,” jelasnya.

Baca Juga: Hari Pertama Masuk Sekolah, Siswa di Solo Langsung Ikuti PTM dan PJJ

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum MAN 1 Solo, Ali Muhson, mengatakan PTM pertama seusai libur Lebaran baru dimulai Kamis (12/5/2022). PTM dilaksanakan dengan durasi enam jam pelajaran sebagaimana SE Wali Kota Solo.

“Ya, MAN 1 Solo mulai PTM 100% dengan durasi waktu enam jam pelajaran sebagaimana Surat Edaran dari Wali Kota Solo,” jelas Ali saat diwawancara Solopos.com, Kamis.

Sebelumnya, Madrasah Aliyah Negeri 1 Solo mempunyai rencana menggelar PTM sejak Senin (9/5/2022). Namun ada imbauan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam dan hasil keputusan Kemenag dan Kemendagri untuk menunda PTM hingga Kamis.

Baca Juga: Ini Kegiatan SMP Muhammadiyah 1 Solo saat Hari Pertama PTM Pascalebaran

“Ada surat Dirjen tentang penundaan masuk PTM tanggal 12 Mei 2022, maka Senin sampai Rabu anak-anak PJJ atau online,” jelasnya. Ia memastikan siswa 100 persen masuk pada hari pertama PTM setelah Lebaran. “Insyaallah hari ini lengkap,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya