SOLOPOS.COM - Sinetron Ikatan Cinta di RCTI. (Suara.com).

Solopos.com, JAKARTA — Serial sinema elektronik Ikatan Cinta besutan MNC Pictures meraih penghargaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kemenparekraf menganugerahkan Penghargaan Karya Ekonomi Kreatif dengan Pencapaian Penonton Terbanyak di Indonesia Saat Pandemi untuk sinetron Ikatan Cinta tersebut.

"MNC baru saja memecahkan rekor dunia, salah satu sinetronnya, Ikatan Cinta, 100 hari berturut-turut mencapai share sangat tinggi, di atas 40%. Nah, ini inspirasi yang bisa kita dapat," ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam Webinar MNC Group bertajuk "Semangat Ekonomi Kreatif di Tengah Masa Pandemi", dikutip dari keterangan tertulisnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berbagai stimulus, lanjut Sandiaga, diberikan Kemenparekraf kepada para pelaku ekonomi kreatif agar mereka bisa menjadi pemenang di tengah pandemi ini, mulai dari pemberian dana hibah hingga mendorong mereka beralih ke digital. "Kami akan all out, kita akan beri stimulus, karena sektor ekonomi kreatif kita sudah nomor 3 besar dunia," tuturnya.

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Kata Astrologi Jago Berimajinasi

Dia menjelaskan, posisi pertama, ditempati Amerika Serikat dengan Hollywood. Kedua, Korea Selatan dengan K-Pop dan ketiga, semua mata dunia saat ini sedang tertuju kepada Indonesia. "Ekonomi kreatif kita menjadi lokomotif untuk kita segera bangkit secara aktif. Tiga strategi utama kita: Inovasi, adaptasi dan kolaborasi," terangnya.

Terkait kolaborasi, Sandiaga secara khusus mengajak MNC Group untuk bersama-sama membangkitkan sektor ekonomi kreatif. Menurutnya, sektor ekonomi kreatif perlu 3G yakni Gercep, gerak cepat; Geber, gerak bersama dan Gaspol alias garap semua potensi untuk bangkit dan pulih.

"Saya ingin mengajak kerja sama Pak Hary dan rekan-rekan di MNC Group. Mohon dukungan dari teman-teman, karena saya yakin Kemenparekraf nggak bisa kerja sendiri," tambahnya.

Baca Juga: Turn Back Hoax: Vegetarian Kebal Covid-19?

Kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk MNC Group diharapkannya mampu mempercepat bangkitnya ekonomi kreatif Indonesia.

Berkah Pandemi

Kemenparekraf, sinetron, Ikatan Cinta
Pemberian penghargaan Kemenparekraf pada sinetron Ikatan Cinta. (Bisnis-Istimewa)

Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo membenarkan, grup usaha miliknya tumbuh besar selama pandemi Covid-19. Keberhasilan Ikatan Cinta memecahkan rekor dunia merupakan satu dari berderet pencapaian yang diraih setahun terakhir di tengah pandemi.

"Kinerja MNC Group di bidang ekonomi kreatif, bahkan lebih baik daripada sebelum masa pandemi. Tentunya harus bersyukur, itu karunia dari Yang Maha Kuasa," kata pria yang sudah mengajar di 186 lebih perguruan tinggi se-Indonesia itu.

Baca Juga: Maklumi, 4 Zodiak Ini Konon Sensitif...

Hary memaparkan ada upaya yang harus dilakukan untuk bisa mencapai sukses tersebut. "Salah satunya adalah bagaimana kita mampu menyesuaikan dengan keadaan, yang kita sebut new normal," ungkapnya.

Pandemi, kata Hary, mengubah banyak hal dan dibutuhkan kemampuan beradaptasi. "Apa yang tadinya bisa berhasil sebelum pandemi, mungkin tidak relevan lagi pada saat ini. Jadi, kita harus mampu menyesuaikan diri dengan keadaan," tegasnya.

Vaksinasi yang terus digalakkan, semakin membuat Hary optimistis sektor ekonomi kreatif Indonesia bisa segera bangkit tahun ini. "Pak Menteri juga pasti memberikan jaminan, pemerintah pasti akan mendukung dengan segala upaya bagaimana ekonomi kreatif bisa berkembang lebih baik lagi. Masalah pandemi ini sebelum akhir tahun mudah-mudahan bisa berakhir," tutur Hary.

Baca Juga: Waspada, 4 Zodiak Ini Sangat Posesif!

Sinetron Ikatan Cinta selama 119 hari memiliki audience share di atas 40%. Sejak awal Ramadan, audience share Ikatan Cinta bahkan lebih dari 50%.

Sebelumnya, sinetron Ikatan Cinta mendapatkan rekor MURI sebagai sinetron primetime dengan audience share nasional tertinggi.  Ikatan Cinta menyabet Rekor MURI pada 1 April 2021 sebagai Sinetron Primetime dengan Audience Share di Atas 40% Berturut-turut Dalam 100 Hari.

Ikatan Cinta tercatat memperoleh rating 14,8 dan audience share 51,5% pada 23 Februari 2021 lalu. Catatan itu bahkan menjadi rekor dunia, karena hal itu baru pertama kali terjadi di negara demokrasi dengan jumlah penduduk besarnya di atas 50 juta jiwa. Hingga saat ini, selama 114 hari berturut-turut sinetron fenomenal Ikatan Cinta juga berkukuh di posisi 1 rating dengan audience share di atas 40%.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya