SOLOPOS.COM - INDONESIA INTERNATIONAL MOTOR SHOW (Rahmatullah/JIBI/Bisnis)

JAKARTA—Meskipun ajang pameran otomotif terbesar Indonesia International Motor Show 2013 bakalan menarik konsumen untuk membeli masing-masing produk melalui diskon penjualan, tetapi beberapa kalangan agen tunggal pemegang merek (ATPM) mengaku tidak mengeluarkan diskon untuk menjaga pasar otomotif tetap sehat.

GM Perencanaan Korporasi dan Humas PT TAM Widyawati mengatakan TAM tidak mengandalkan promo penjualan untuk menarik pembeli di arena IIMS 2013. “Sejak awal IIMS kami tidak memfokuskan pada penjualan tetapi mengenalkan tekhnologi terbaru terbaru Toyota kepada masrakat,” ungkapnya, Rabu (26/9/2013).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurutnya, jika ada pemberian diskon maka ada kesan tidak “fair” bagi konsumen yang membeli mobil pada dealer TAM. Jika sampai terjadi, sambungnya, pembeli dipameran akan mendapatkan harga yang lebih murah sedangkan masyarakat diluar yang membeli melalui dealer akan sangat terbebani.

Namun, meskipun tidak adanya pemberian promo ataupun diskon, pengunjung di booth Toyota bisa membandingkan produk-produk mutakhir dari Toyota. Adapun, Widyawati menerangkan, produk di segmen mpv masih menjadi andalan penjualan dan banyak dipesan seperti Toyota Avanza dan Toyota Innova, serta produk mobil murah dan hemat energi seperti Toyota Agya masih menjadi andalan.

Manager Marketing Communication PT KIA Motor Indonesia Ridjal Muljadi menerangkan KIA tidak memberika diskon namun memberikan promo khusus baik berupa hadiah dan fitur pelengkap.

“Diskon memang mendongkrak penjualan tetapi sangat disayangkan jika diberikan pada momen IIMS ini. Kita hanya memberikan promo saja,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan, untuk menjaga pasar, KIA memberikan banyak promorsi terkhusus bagi produknya berupa barang atau aksesoris untuk memberikan kenyamanan kepada konsumen.

Ridjal menambahkan, pada IIMS 2013, KIA menargetkan penjualan sebanyak 500 unit. Hingga hari ketujuh, sambungnya, pemesanan produk KIA telah mencapai 254 unit, dimana pemesanannya hampir merata dari semua segmen.

Namun, Ridjal berharap, andalan produk baru seperti sedan All New Optima, Sorento Disel, dan All New Carens bisa mendongkrak penjualan produk KIA secara umum.

Menjaga Pasar

Director Public Relation PT General Motors Indonesia Maria Sidabutar menerangkan GM tidak pernah memberikan diskon apapun dalam perhelatan IIMS 2013.

“Kita menjaga pasar yang sehat sehingga tidak pernah memberikan diskon dalam pameran ini,”ungkapnya.

Menurutnya, GM hanya memberikan promo yang memudahkan konsumen pembeli dengan menghadiakan aksesoris sehingga konsumen pembeli tidak repot-repot untuk membeli aksesoris pelengkap lainnya usai membeli produk.

Dengan kemudahan melalui pemberian promo aksesoris, Maria menegaskan bahwa GM tidak ingin merusak pasar otomotif dan menghindari persaingan yang tidak sehat diantara masing-masing agen tunggal pemegang merek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya