SOLOPOS.COM - Ilustrasi pergerakan saham. (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA – Di tengah Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia yang berlangsung selama 22-23 Agustus 2022, pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi akan melaju di zona hijau pada perdagangan Senin (22/8/2022) hari ini.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia, IHSG mengalami penguatan sebesar 0,61 persen menjadi 7.172,43 sepanjang pekan lalu, dari 7.129,277 pada pekan sebelumnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Adapun, Bank Indonesia mencatat sebanyak Rp3,01 triliun modal asing masuk ke pasar keuangan Indonesia sepanjang 15-18 Agustus 2022, baik ke Surat Berharga Negara (SBN) maupun pasar saham.

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya menjelaksan IHSG saat ini masih berada dalam rentang konsolidasi wajar.

Faktor kembali bergeraknya roda perekonomian yang tercermin dari rilis data perekonomian menunjukkan dalam jangka panjang masih akan terlihat kenaikan IHSG.

“IHSG akan didorong oleh kinerja emiten yang baik serta minat investor yang tercermin lewat capital inflow,” jelasnya dalam riset harian, Senin (22/8/2022).

Baca Juga: Pergerakan IHSG Berpotensi Menguat Lagi, Cek Saham-Saham Ini

William memprediksi hari ini IHSG berpotensi menguat dalam kisaran 7002 – 7223. Adapun saham-saham yang dapat dicermati adalah JSMR, TLKM, HMSP, KLBF, UNVR, ICBP, ASRI, PWON, dan BBCA.

Sementara itu, di luar negeri, perhatian pelaku pasar akan tertuju pada simposium ekonomi tahunan bank sentral AS Federal Reserve di Jackson Hole minggu ini.

Mengutip Yahoo Finance, Federal Reserve Kansas City akan menjadi tuan rumah simposium ekonomi tahunan di Jackson Hole dengan pidato Jumat (26/7/2022) pagi dari Gubernur The Fed Jerome Powell.

Simposium tahun ini menandai konferensi Jackson Hole secara langsung pertama sejak 2019. Pembacaan cermat dari komentar Powell pada Jumat nanti akan bermuara pada apakah investor melihat The Fed mengisyaratkan kenaikan suku bunga 0,75 persen lagi pada pengumuman kebijakan berikutnya di 21 September, atau apakah The Fed akan mengurangi laju kenaikan suku bunga dan menaikkan suku bunga acuan sebesar 0,50 persen.

Baca Juga: Kemenkominfo Selidiki Dugaan Kebocoran 26 Juta Data Indihome

Di sisi lain, investor asing diperkirakan oleh analis akan melanjutkan aksi belinya di pasar modal Indonesia. Hal itu berpeluang terjadi seiring menjanjikannya prospek ekonomi Tanah Air hingga akhir tahun ini.

Adapun, Bank Indonesia mencatat sebanyak Rp3,01 triliun modal asing masuk ke pasar keuangan Indonesia sepanjang 15-18 Agustus 2022, baik ke Surat Berharga Negara (SBN) maupun pasar saham. Hal tersebut diyakini akan mendorong penguatan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Analis Indo Premier Sekuritas, Mino mengatakan, seiring solidnya PDB Indonesia 2022 dan masih cerahnya prospek di sepanjang tahun ini, diprediksi asing masih akan melanjutkan aksi belinya.

“Dampak ke IHSG akan positif dan mendorong penguatan IHSG,” kata Mino kepada Bisnis, dikutip Minggu (21/8/2022).

Baca Juga: Menakar Prospek Bisnis Jika Telkomsel Merger dengan Indihome

Mino menambahkan, dia juga melihat adanya sentiment positif dari inflasi di Ameriika Serikat (AS) yang melandai. Indo Premier Sekuritas memprediksi agresitivitas The Fed dalam menaikan suku bunga akan berkurang. Namun, hal ini juga akan membebani rupiah.

“Pasalnya, keputusan BI yang masih menahan suku bunga acuan di level 3,50 persen di tengah kenaikan suku bunga global diprediksi akan membuat rupiah sulit menguat ke level Rp14.000,” ungkapnya.

Pada perdagangan terakhir, Jumat (19/8/2022), rupiah ditutup melemah 0,01 persen atau 1,5 poin ke Rp14.838 per dolar AS. Adapun, IHSG tercatat melemah 0,20 persen ke 7.172,43.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Solopos.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya