SOLOPOS.COM - Ilustrasi pergerakan saham. (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Setelah sepekan lalu IHSG menguat sebesar 1,92 persen dengan Net Sell Foreign Investor Rp4.23 triliun, indeks BEI ini berpeluang menguat di awal pekan ini, Senin (8/8/2022).

Beberapa katalis pendorong penguatan IHSG di antaranya naiknya Indeks DJIA sebesar 0,23 persen serta naiknya harga beberapa komoditas seperti CPO 2 persen, nikel 0,82 persen, dan timah 1,24 persen di tengah penguatan Rupiah terhadap dolar AS serta turunnya yield obligasi Indonesia tenor 10 tahun kelevel 7.257 persen.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Di lain pihak, investor perlu mewaspadai peluang terjadinya aksi profit taking atas saham berbasis coal, CPO dan, gold seiring turunnya harga komoditas tersebu,” kata Direktur MNC Asset Management Edwin Sebayang dalam riset harian, Senin (8/8/2022) seperti dilansir Bisnis.

Harga komoditas seperti batu bara turun cukup tajam dihari ketiga sebesar 5 persen, adapun selama tiga hari harga Coal turun tajam sebesar 12,93 persen, minyak turun tipis 0,01 persen, dan emas turun sebesar 0,80 persen. Edwin memperkirakan hari ini, IHSG akan bergerak di kisaran 7.057 – 7.119.

Sementara itu, rupiah berpotensi bergerak di Rp14.880 – Rp14.910. Rekomendasi beli juga diberikan kepada saham TLKM, SMGR, BBCA, JPFA, MYOR, PTPP, ACES, INDY, WIKA, ADHI, MAPI, dan BBNI.

Baca Juga: Empat Emiten Siap Melantai, Kapitalisasi BEI Capai Rp9.294,8 Triliun

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menutup akhir pekan kemarin (5/8), IHSG ditutup menguat 0,4 persen ke level 7.084, namun gerakannya rawan terkoreksi. Tim Analis MNC Sekuritas memperkirakan pergerakan IHSG pun masih tertahan oleh Upper Band dan volume yang cenderung mengecil.

Posisi IHSG saat ini sudah berada di akhir wave (c) dari wave [x] pada label hitam atau wave (D) pada pola triangle pada label merah, yang berarti penguatan IHSG akan relatif terbatas untuk menguji area 7.103 hingga 7.150.

“Setelahnya, IHSG akan rawan terkoreksi ke rentang 6.875-7.014 terlebih dahulu dengan support pada level 7.030, 6.900 dan resistance 7.100, 7.194,” tulis MNC Sekuritas dalam riset harian, Senin (8/8/2022).

Adapun saham-saham pilihan MNC hari ini antara lain adalah BBHI, BBRI, FREN, dan HRUM.

Baca Juga: Komitmen Pemberdayaan UMKM, BRI Gelar Pesta Rakyat Simpedes di Karawang

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Solopo.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya