SOLOPOS.COM - Ilustrasi penguatan IHSG. (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA–Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan Rabu (18/5/2022) dibuka menguat 0,95% atau 63,26 poin ke 6.707,72.

Berdasarkan data Bloomberg, pada 09.01 WIB, sebanyak 223 saham menguat, 52 saham melemah dan 190 saham diperdagangkan stagnan.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Kapitalisasi pasar bursa parkir di Rp9.000,61 triliun.

Sekalipun IHSG menguat, investor asing mencatatkan aksi jual (net sell) di seluruh pasar Rp117,59 miliar. Saham PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) menjadi yang paling banyak dilepas asing Rp53,6 miliar.

Menyusul saham PT Bank Jago Tbk. (ARTO) yang dijual asing Rp21,6 miliar dan saham PT Allo Bank Indonesia Tbk. (BBHI) dilego asing Rp19 miliar.

Baca Juga: IHSG Diprediksi Lanjutkan Penguatan Pada Rabu (18/5/2022)

Saham emiten teknologi terpantau menguat pagi ini sehingga menopang kenaikan IHSG.

Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) melompat 7%, saham PT WIR Asia Tbk. (WIRG) melesat 10,96%, dan saham PT Bukalapak.com Tbk. (BUKA) naik 2,84%.

Sementara itu, pergerakan pasar juga dipengaruhi oleh sentimen global seperti optimisme pertumbuhan ekonomi setelah rilis data penjualan retail AS yang lebih tinggi dari ekspektasi.

“Merujuk ke pernyataan Jerome Powell bahwa ekonomi dalam kondisi yang kuat dan The Fed akan melakukan apapun yang dibutuhkan untuk melawan inflasi,” tulis Analis Samuel Sekuritas Indonesia William Mamudi dalam riset, Rabu (18/5/2022).

Samuel Sekuritas memperkirakan IHSG hari ini akan bergerak menguat seiring dengan pergerakan positif bursa global dan regional.

IHSG hari ini diperkirakan menguji support di 6.530 dan rebound. Ada potensial konsolidasi selama level support bertahan. Hari ini analis teknikal menyukai saham INCO, FILM, STAA dengan rating trading buy, BNBA dengan rating trading sell.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul IHSG Tancap Gas! Saham Teknologi GOTO, BUKA, WIRG Ijo Royo-royo

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya