SOLOPOS.COM - Karyawan melintas di dekat layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (29/6/2021). (Bisnis-Fanny Kusumawardhani)

Solopos.com, JAKARTA–Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada pembukaan perdagangan dibuka menguat, Jumat (27/4/2022) seiring aksi beli investor asing.

Berdasarkan data Bloomberg, pada pukul 09.00 WIB IHSG dibuka naik 1,16% ke posisi 6.963,32.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

IHSG sempat mencatatkan posisi tertinggi pada 6.938,29 beberapa saat setelah pembukaan Tercatat, 242 saham menguat, 81 saham melemah, dan 202 saham bergerak ditempat.

Investor asing tercatat membukukan net foreign buy Rp117,92 miliar.

Investor asing tercatat membeli saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) sebesar Rp53,3 miliar, atau yang terbanyak sejauh ini.

Baca Juga: Pergerakan IHSG Diprediksi Menguat, Saham-Saham Berikut Bisa Dicermati

Menyusul dibelakangnya adalah PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) senilai Rp51,7 miliar dan PT Astra International Tbk (ASII) sebesar Rp13,9 miliar.

Saham bank berkapitalisasi pasar jumbo kompak melejit pagi ini. saham ARTO naik 2,61%, BBNI melesat 2,80%, BBRI menguat 2,76%, BBCA menanjak 1,69%, dan BMRI terapresiasi 1,91%.

Direktur MNC Asset Management Edwin Sebayang dalam laporannya menjelaskan tren positif dibukukan Indeks di Wall Street selama Bursa Indonesia libur menyusul terjadinya penguatan sebesar 2,22% untuk Indeks DJIA dan Indeks Nasdaq menguat lebih tajam sebesar 4,23%.

“Sentimen ini akan menjadi modal positif bagi IHSG untuk menguat dalam perdagangan Jumat ini,” katanya.

Ia melanjutkan tren penguatan IHSG Jumat ini juga didorong penguatan harga beberapa komoditas seperti minyak yang menguat 2,95% menuju level US$115 per barrel.

Baca Juga: IHSG Ditutup Menguat, Imbas Suku Bunga Dipertahankan?

Harga CPO juga terpantau naik 0,37% bertengger di harga 7.080 ringgit per ton, sedangkan harga Nikel menguat 2.14% di tengah penurunan yield obligasi AS dan Indonesia untuk tenor 10 tahun.

“Pada hari ini, IHSG diprediksi bergerak pada rentang 6,846 – 6,981,” kata dia.

Beberapa saham yang patut dicermati pada hari ini menurut Edwin adalah PGAS, MEDC, ELSA, AKRA, SSMS, SSIA, INDF, SGRO, ICBP, dan MTDL.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul IHSG Langsung Naik 1,16 Persen Pagi Ini, ARTO hingga BBCA Terbang

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya