SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Hari Raya Iduladha atau biasa disebut Hari Raya Kurban tahun ini jatuh pada Minggu (11/8/2019). Hari raya umat Islam tersebut dirayakan dengan penyembelihan hewan kurban dan membagikan kepada yang berhak.

Daging yang diperoleh dari penyembelihan biasanya tak diolah atau dikonsumsi dalam waktu satu hari. Biasanya orang akan mengambil beberapa bagian dan sisanya disimpan dalam lemari es atau kulkas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagian orang mungkin tak mengetahui, penyimpanan daging dalam lemari es terlalu lama akan memengaruhi kualitas daging. Lantas, berapa lamakah batas maksimal penyimpanan daging dalam lemari es?

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (USFDA), batas maksimal untuk menyimpan daging di dalam lemari es adalah tiga hingga lima hari saja dengan ketentuan suhu 4 derajat Celcius. Jika hal itu tidak terpenuhi, maka bakteri pantogen dan bakteri pembusuk akan hinggap di daging dan membuatnya tak bisa dikonsumsi lagi.

Dilansir Solopos.com melalui situs resmi FDA, Jumat (9/8/2019), penyimpanan daging sebenarnya dapat dilakukan lebih lama, namun dengan syarat dibekukan dalam suhu 0 hingga -14 derajat Celcius. Penyimpanan daging dengan cara dibekukan dapat membuat daging tersebut bertahan dalam waktu 4-12 bulan.

Meskipun dapat dilakukan selama waktu 4-12 bulan, namun lama waktu yang disarankan FDA untuk menyimpan daging dalam kulkas hanya 2 hingga 3 pekan saja untuk menjaga kualitas daging yang dikonsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya