SOLOPOS.COM - Petugas merobohkan sapi di Kompleks Balaikota Solo, Solo, Jumat (31/7/2020). (Espos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menghibahkan tujuh ekor sapi kurban pada Hari Raya Iduladha 1441 H atau 2020 di Balai Kota Solo, Jumat (31/7/2020). Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo, turut menyerahkan satu sapi kurban.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, penyerahan sapi kurban dilakukan di Kompleks Balai Kota Solo seusai salat Iduladha. Sapi kurban dari Wakil Wali Kota mendapatkan giliran penyembelihan pertama.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tujuh sapi dari Pemkot Solo disalurkan ke Masjid Baitul Hikmah Balai Kota Solo; Masjid Ar Rosid, Kelurahan/Kecamatan Jebres; dan Masjid Al Fajar, Kelurahan Pucangsawit, Jebres. Selain itu, Masjid An Nur, Kelurahan Semanggi, Pasar Kliwon; Masjid Al Kharim, Kelurahan Purwosari, Laweyan; Masjid Al Hikmah, Kelurahan Joglo, Banjarsari, dan Masjid Al Furqon, Kelurahan Danukusuman, Kecamatan Serengan.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Solo, Danang Sulindriyanto, menjelaskan penyerahan sapi dari Pemkot Solo kepada perwakilan masjid dilakukan setelah salat Iduladha.

4 Hari Hilang, Alif Hanya Makan Tebu & Tidur Di Emperan Bengkel

Selain tujuh sapi dari Pemkot Solo dan satu ekor sapi dari Wakil Wali Kota, penitia penyelenggara kurban juga menerima satu sapi kurban dari jajaran Pemkot Solo dan Direktur BUMN Kota Solo.

"Bobot sapi dari Pak Pur [Achmad Purnomo] 653 kilogram. Tiga sapi kurban disembelih di Balai Kota. Daging didistribuskikan ke warga Kampung Baru. TKPK Pemkot Solo khususnya tenaga kebersihan, sopir, dan satpam serta organisasi atau masyarakat yang mengajukan," kata dia kepada wartawan.

Rutin Berkurban

Pada kesempatan yang sama, Achmad Purnomo, menjelaskan setiap tahun selalu berkurban. Ia mengatakan jumlah hewan kurban tahun ini empat ekor sapi. Ia juga berpesan agar warga yang mampu untuk melakukan kurban kepada yang membutuhkan.

"Kaitannya dengan pandemi semua pelaksanaan harus hati-hati. Kami mengimbau masyarakat betul-betul melakukan protokol kesehatan. Jaga jarak dan melakukan pola hidup sehat," ujar dia.

Purnomo, sapaan akrabnya, mengatakan sudah mengikuti sidang DPRD Kota Solo sejak Kamis (30/7/2020) setelah sembuh dari Covid-19. Agenda kemarin melakukan salat Iduladha, menyerahkan hewan kurban, dan menyerahkan sapi kurban Presiden di Masjid Agung Solo.

Rekor Tertinggi! Positif Covid-19 Sukoharjo Sehari Tambah 33 Kasus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya