SOLOPOS.COM - Ilustrasi Daging Sapi (Dok/JIBI/Solopos)

Iduladha 2017, kondisi hewan kurban belum sepenuhnya ideal

Harianjogja.com, SLEMAN –Temuan cacing hati pada hewan kurban sapi mencapai 6,05%. Hal ini berdasarkan data pantauan hewan kurban oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman hingga sore, Jumat,(1/9/2017).

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Dinas Pertanian Pangan Perikanan Sleman, Husein Siswanto menjelaskan jika temuan cacing hati pada kambing mencapai 0,25% dan domba 0,33%.

Ekspedisi Mudik 2024

“Hati yang terjangkit cacing tidak boleh dikonsumsi,” ujarnya kemarin.

Namun, untuk bagian lain hewan itu termasuk daging tetap aman untuk dikonsumsi. Pantauan dilakukan oleh petugas kepada 3.866 ekor sapi, 1.155 ekor kambing, dan 5.702 ekor domba.

Adapun, pemerintah daerah menyiapkan sedikitnya 200 tenaga kesehatan juga diterjunkan untuk pengawasan pasar dan kandang ternak hingga pelaksanaan hari raya kurban. Selain pasar hewan, pemantauan juga dilakukan kepada sejumlah pasar tiban yang bermunculan jelang perayaan Iduladha yang jatuh pada Jumat (1/9/2017).

Petugas juga menyasar sejumlah kelompok dan pedagang ternak yang juga menyediakan hewan kurban. Sebelumnya, juga diketahui terdapat penyakit pink eye dan kudis pada segelintir hewan ternak. Petugas sendiri telah memberikan obat kepada pemilik ternak yang memiliki penyakit ini. Sedangkan untuk surat keterangan sehat hanya bakal diberikan petugas pada hewan yang benar-benar fit tanpa terkecuali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya