SOLOPOS.COM - Salah satu penampilan dari peserta festival, Kamis (31/8/2017). (Yohana Fitri Lestari/JIBI/Harian Jogja)

Iduladha 2017, warga Sindet menggelar takbir keliling.
 

Harianjogja.com, BANTUL – Warga Sindet, Wukirsari, Imogiri mengadakan Festival Takbir Keliling dalam rangka memperingati hari besar umat Islam yang kedua Hari Raya Iduladha, Kamis malam (31/8/2017). Festival ini sebagai wujud syiar agama dan meningkatkan semangat gotong royong di masyarakat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Selain memperingati Hari Iduladha, acara ini juga untuk mensyiarkan agama dan mempersatukan masyarakat. Kalau ada acara seperti ini kan bisa membuat masyarakat bersatu, bergotongroyong dan saling silaturahmi”, kata Rizar Syarif ketua panitia festival kepada harianjogja.com, Kamis (31/8/2017).

Festival dan takbir yang dilangsungkan satu malam ini diikuti warga antar RT dengan mengutamakan keterlibatan anak-anak dan kaum muda. Orang tua turut mendukung dengan memeriahkan acara.

Rute festival dimulai dari Dusun Sindet Wukirsari menuju Sindet Trimulyo kemudian kembali ke masjid. Setiap RT menyuguhkan tampilan dan tarian sesuai tema masing-masing dengan diselingi takbir dan lagu Islami.

Rangkaian tari yang dikemas apik ini membutuhkan waktu latihan selama sepuluh hari dengan segala persiapan yang ada. Meskipun dengan waktu singkat, namun peserta mampu menampilkan yang terbaik dan menunjukkan kreativitas masing-masing.

Ikatan Pemuda dan Remaja Masjid Baiturrahman (IPREMBA) selaku mediator acara, berharap terselenggaranya festival mampu menggerakkan masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam menyambut Hari Raya Idul Adha dengan hati gembira, sehingga kerukunan akan tercipta antar warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya