SOLOPOS.COM - ilustrasi hewan kurban (JIBI/Solopos/Dok.)

Iduladha 2017 yang segera datang membuat harga hewan ternak beranjak naik.

Semarangpos.com, JEPARA —  Harga hewan ternak di pasar hewan Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Jateng), mulai naik menjelang Hari Iduladha 2017.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sutomo, salah seorang penjual kambing di Pasar Hewan Mayong, Kabupaten Jepara, Kamis (17/8/2017), mengakui, sejak awal Agustus 2017 harga jual hewan ternak, khususnya kambing naik bervariasi.

Ekspedisi Mudik 2024

Untuk harga kambing, kata dia, saat ini naik hingga Rp2 jutaan lebih disesuaikan dengan ukuran dan usia kambing, sedangkan domba harganya berkisar Rp900.000/ekor dengan ukuran sedang. Kambing jawa yang memiliki ukuran cukup besar, kata dia, harga jualnya bisa mencapai Rp3 jutaan, demikian halnya untuk domba juga bisa lebih mahal.

Ia memperkirakan, kenaikan rata-rata harga hewan ternak saat ini bisa mencapai Rp500.000/ekor. Hanya saja, sambung dia, transaksi penjualan hewan ternak saat ini masih sepi, karena biasanya tiga hari sebelum Hari Raya Idul Adha mulai meningkat. Untuk saat ini, katanya, peminat hewan ternak untuk dijadikan hewan kurban masih belum terlihat ada lonjakan.

Penjual kambing lainnya, Kiswoto mengakui, transaksinya masih sama seperti sebelumnya, setiap pasaran hanya bisa menjual kambing berkisar lima ekor hingga enam ekor. Untuk harga jual, kata dia, saat ini untuk kambing berkisar Rp2,7 juta, sedangkan sebelumnya hanya Rp2,5 juta. Sementara untuk domba, katanya, mencapai Rp5 juta karena ukurannya cukup besar.

Peminat hewan ternak untuk dijadikan hewan kurban, dinilai belum terlihat ramai. Pasalnya, kata dia, kambing yang laku setiap musim pasaran hanya berkisar lima ekor dari 10 ekor yang dibawa. Biasanya, kata dia, tiga hari jelang lebaran peminat hewan ternak untuk dijadikan hewan kurban akan meningkat.

“Harga jualnya juga masih bisa naik lagi, karena naiknya permintaan hewan ternak untuk dijadikan hewan kurban,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya