SOLOPOS.COM - Panitia penyembelihan hewan kurban Masjid Agung Solo mengemas daging kurban sebelum dibagikan, Sabtu (2/9/2017). (Muhammad Ismail/JIBI/Solopos)

Iduladha 2017, sapi kurban dari Presiden Jokowi yang disembelih di Masjid Agung Solo dibagi menjadi 2.700 paket.

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 2.700 keluarga menikmati daging sapi kurban dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang disembelih di Masjid Agung Keraton Solo, Sabtu (2/9/2017).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hewan kurban dari Presiden Jokowi itu beratnya 950 kilogram (kg). Sapi itu dipotong-potong kemudian dibagikan kepada warga miskin di wilayah Kauman dan Pasar Kliwon, Solo.

Ketua Takmir Masjid Agung, Muhamad Muhtarom, mengatakan panitia penyembelihan hewan kurban Masjid Agung mulai menyembelih hewan kurban bantuan Presiden Jokowi pukul 07.30 WIB. Panitia mengerahkan lima jagal sapi untuk menyembelih hewan kurban bantuan Jokowi itu.

“Kami mengerahkan lima orang jagal sapi saat menyembelih hewan kurban bantuan Jokowi karena beratnya hampir mencapai 1 ton,” ujar Muhtarom saat ditemui Solopos.com di Masjid Agung, Sabtu.

Menurut Muhtarom, hewan kurban ini disembelih atas nama Jokowi sendiri yang berkurban. Sebelum hewan kurban disembelih, Pemkot Solo yang diwakili Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo menyerahkan secara simbolis hewan kurban itu kepada takmir Masjid Agung.

“Kami memotongi hewan kurban bantuan Presiden Jokowi menjadi 2.700 paket. Hewan kurban selanjutnya dibagikan kepada warga miskin di wilayah Kauman dan Pasar Kliwon,” kata dia.

Masjid Agung pada tahun ini menyembelih sembilan ekor sapi dan 38 ekor kambing. Semua hewan kurban tersebut selesai disembelih pada Sabtu pukul 14.00 WIB.

Seorang petugas keamanan Masjid Agung, Agus, mengatakan banyak warga luar Kauman datang ke Masjid Agung untuk meminta daging kurban. Petugas harus menjaga lokasi penyembelihan hewan dengan tujuan agar warga tidak saling berebut daging kurban.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya