SOLOPOS.COM - Hewan Kurban (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Pemeriksaan kesehatan hewan ternak, terutama sapi di kandang kelompok sudah digalakkan sejak pertengahan Agustus.

Harianjogja.com, BANTUL – Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bantul, hingga Rabu (7/9/2016)  tidak menemukan penyakit berbahaya yang mengidap pada hewan ternak menjelang Lebaran Haji 2016.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dari pemeriksaan sampai sejauh ini masih aman, kandang-kandang ternak milik beberapa kelompok sudah kami periksa, dan hasilnya bagus tidak ada masalah,” kata Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Bantul Pulung Haryadi seperti dikutip Antara, Rabu (7/9/2016).

Menurut dia, pemeriksaan kesehatan hewan ternak, terutama sapi di kandang kelompok, menghadapi penyembelihan hewan kurban pada tahun ini sudah digalakkan sejak pertengahan Agustus, dan akan terus berlanjut hingga menjelang Iduladha 1437 Hijriah.

Pemeriksaan kesehatan hewan itu, kata dia, melibatkan dokter hewan yang ada di seluruh pusat kesehatan hewan (puskeswan) yang berjumlah 10 UPT, dengan jangkauan rata-rata tiga sampai lima titik lokasi tiap hari tiap puskeswan.

“Sepuluh UPT puskeswan kami minta untuk menyebar ke satu kecamatan masing-masing dengan mendatangi kelompok ternak langsung. Kalau rata-rata per hari bisa sampai lima titik, sampai minggu ini sudah ratusan lokasi yang diperiksa,” katanya.

Meski tidak menemukan atau belum mendapat laporan adanya penyakit pada hewan jelang Iduladha. Namun, pemeriksaan kesehatan hewan tetap akan berlanjut hingga hari-H untuk memastikan hewan yang akan disembelih nanti benar-benar sehat dan aman.

“Sasarannya ke kadang-kandang kelompok ternak, penjual baik yang permanen maupun pedagang tiban. Setidaknya, ada sekitar 1.700 titik yang akan kami sasar. Kami juga meminta laporan aktif dari masyarakat jika menemukan penyakit hewan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya