SOLOPOS.COM - Ilustrasi salat Id (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Iduladha 2015 ini, salat Id di Masjid UGM digelar dua kali

Harianjogja.com, SLEMAN – Masjid Kampus Universitas Gajah Mada (UGM) menggelar salat Iduladha sebanyak dua kali. Pada hari kedua, mereka menggelar salat id sesuai dengan ketentuan Kementerian Agama (Kemenag) RI menetapkan hari lebaran Iduladha tahun jatuh pada 10 Dzulhijjah bertepatan dengan hari Kamis (24/9/2015).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ribuan jamaah berbondong-bondong mendatangi Masjid Kampus UGM. Bahkan meluber memenuhi badan jalan di sekitar masjid yang beralamat di Jalan Pancasila, bagian sayap selatan kampus UGM. Salat Id sendiri dimulai sekitar pukul 06.35 WIB.

Shalat Id pertama dengan khatib Prof Rahmat Wahab dan sebelumnya, Rabu (23/9/2015) Shalat Id dipimpin khatib Sumedi.

Penjaga Sekretariat Masjid Kampus UGM, Muhammad Wardani mengatakan digelarnya Salat Id sebanyak dua kali pada tahun ini karena masjid adalah milik umat Islam, sehingga semua dikembalikan kepada masing-masing jamaah itu sendiri.

“Masjid kampus UGM milik umat, ada yang afiliasinya ke Muhammadiyah, NU, HTI, Ikhwanul Muslimin, Wahdah Islamiyah hingga Salaf. Karena kami melayani keinginan umat, makanya kami layani sesuai dengan sunnah nabi Muhammad,” kata Wardani.

Selain menggelar Salat Iduladha, Masjid Kampus UGM juga melaksanakan penyembelihan hewan kurban sebanyak satu ekor sapi dan empat ekor kambing.

Penyembelihan hewan juga ada dukungan Sinar Joyoboyo Plastik dengan membagikan Kantong Plastik IDOLA+ yang memang layak untuk membungkus daging hewan kurban.

Chief Executive Officer Sinar Joyoboyo Plastik, Hengky Sidharta mengatakan kegiatan tebar Plastik Qurban menjadi acara rutin tahunan. Plastik yang dibagikan ini selain melindungi kebersihan daging kurban sekaligus mengedukasi masyarakat tentang cara mengenali plastik yang aman bagi makanan dan ramah terhadap lingkungan.

“Berkampanye langsung dan hadir ditengah-tengah masyarakat menjadi siasat kami untuk mendukung arahan pemerintah terkait penggunaan plastik yang aman untuk daging kurban dan lingkungan sekitar,” jelas Hengky.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya