SOLOPOS.COM - Salat Id di depan Makodim 0728/Wonogiri, Sabtu (4/10/2014). (Triyanto Heri S/JIBI/Solopos)

Solopos.com, WONOGIRI-Pelajar di Wonogiri tetap masuk sekolah walau telah melaksanakan Salat Id di daerahnya masing-masing, Sabtu (4/10/2014).

Pengelola sekolah membuat kebijakan sendiri-sendiri karena tak adanya surat edaran (SE) baik dari Bupati Wonogiri maupun Kepala Dinas Pendidikan Wonogiri.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Akibatnya, kebijakan masing-masing pengelola sekolah berbeda-beda. Informasi yang dihimpun Solopos.com, ada pengelola sekolah yang membebaskan siswanya tidak masuk sekolah jika telah melaksanakan Salat Id pada Sabtu.

Namun, ada juga pengelola sekolah yang membuat kebijakan tidak ada hari libur pada Sabtu sehingga siswa tetap masuk sekolah. Cuma, jam masuk dibuat mundur atau molor dua jam dari jam masuk biasanya.

Hari biasa, jam masuk sekolah sekitar pukul 07.00 WIB tetapi pada Sabtu bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha jam masuk sekolah pukul 09.00 WIB. Koordinator Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP, Kusman ditemui seusai menjalankan Salat Id di depan Makodim 0728/Wonogiri menyatakan, pihaknya tak berani meliburkan anak sekolah karena tidak ada surat edaran (SE).

“Kami memberi kelonggaran kepada anak didik untuk tetap masuk tetapi jam masuk sekolah mundur. Masuk sekolah pukul 09.00 WIB bertepatan dengan jam istirahat pertama,” ujarnya.

Dijelaskan oleh Kusman, kebijakan yang ditempuh sesuai kalender akademik (kaldik). Hal sama dilakukan Kepala SMPN 2 Eromoko, Honru Suryanto. “Hari ini (Sabtu) tetap masuk sekolah. Tidak ada libur walau sebagian ada yang telah melaksanakan Salat Id. Apalagi dari dinas juga tidak mengeluarkan SE libur.”

Berdasarkan pemantauan Espos ke beberapa sekolah di Wonogiri Kota, sebagian anak didik pulang lebih awal namun ada juga yang pulang sesuai jam pelajaran. Seperti di SDN 1 Giritirto, Wonogiri, anak didik pulang sekitar pukul 11.00 WIB.

“Siswa tetap mendapatkan pelajaran seperti biasa,” ujar salah seorang siswa SDN 1 Giritirto yang akrab dipanggil Agus.
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri, Siswanto saat mengonfirmasi menegaskan tidak ada libur.

“Lebaran Idul Adha mengikuti ketetapan pemerintah sehingga hari ini (Sabtu) anak-anak tidak libur namun jika ada yang merayakan pada Sabtu dipersilahkan. Hari Sabtu merupakan hari toleransi sehingga semua dianggap masuk walau ada yang tidak masuk.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya