SOLOPOS.COM - Sapi kurban sumbangan Presidan Joko Widodo alias Jokowi di kompleks Masjid Agung Solo. (Dok. Masjid Agung)

Solopos.com, JAKARTA – Sebanyak 35 ekor sapi akan dikurbankan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Iduladha 2021. Sapi itu akan dibagikan ke 34 provinsi dan Masjid Istiqlal, Jakarta.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengungkapkan nantinya satu provinsi akan mendapatkan jatah satu sapi. Berat dari sapi yang dipilih pun bervariasi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Setiap provinsi satu ekor. Jadi ada 35 ekor dan beratnya 800 hingga 1 ton,” kata Heru saat dimintai konfirnasi, Kamis (15/7/2021).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Siap-Siap Terima Rp1,2 Juta, Ini Kriteria Karyawan Penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan

Heru menerangkan pihak Sekretariat Presiden sudah bekerja sama dengan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk perawatan sapi-sapi tersebut. Adapun pihaknya juga menggandeng dokter hewan setempat untuk melakukan kontrol kesehatan terhadap sapi yang sudah dipilih.

“Semua telah disentrilisasi oleh dinas perternakan daerah,” ujarnya.

Setahun lalu, Jokowi kurban 2 ton sapi di Solo, Jawa Tengah, untuk Iduladha. Dua ekor sapi berukuran jumbo itu bakal diantarkan ke Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan Masjid Al Wustho, Pura Mangkunegaran.

Baca Juga: Pecah Rekor Lagi, Ini 5 Provinsi Penyumbang Kasus Covid-19 Tertinggi

 

Serah Terima Sapi

Salah satu sapi ada yang beratnya 1,03 ton atau 1.030 kilogram (kg). Sapi lainnya punya berat 930 kg.

Kasubag Pendidikan dan Kebudayaan Bagian Kesra Setda Solo, Bambang Harjanto, mengatakan penandatanganan berita serah terima sapi kurban dari Presiden dilakukan Kamis (23/7/2020) pagi. Presiden mewakilkan Adun Rusnawan dari Sekretariat Presiden dalam penandatanganan tersebut.

“Berita acara diterima oleh Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo, Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo, Sekda Solo Ahyani, dan Kabag Kesra Danang Sulindriyanto,” kata dia, kepada wartawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya