[ X ] CLOSE

Iduladha 1442 H, Presiden Jokowi Kurban 35 Ekor Sapi ke Seluruh Provinsi

Berat sapi kurban Presiden Jokowi pada Iduladha 1442 H kali ini 800 kg hingga 1 ton.
Iduladha 1442 H, Presiden Jokowi Kurban 35 Ekor Sapi ke Seluruh Provinsi
SOLOPOS.COM - Sapi kurban sumbangan Presidan Joko Widodo alias Jokowi di kompleks Masjid Agung Solo. (Dok. Masjid Agung)

Solopos.com, JAKARTA – Sebanyak 35 ekor sapi akan dikurbankan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Iduladha 2021. Sapi itu akan dibagikan ke 34 provinsi dan Masjid Istiqlal, Jakarta.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengungkapkan nantinya satu provinsi akan mendapatkan jatah satu sapi. Berat dari sapi yang dipilih pun bervariasi.

“Setiap provinsi satu ekor. Jadi ada 35 ekor dan beratnya 800 hingga 1 ton,” kata Heru saat dimintai konfirnasi, Kamis (15/7/2021).

Baca Juga: Siap-Siap Terima Rp1,2 Juta, Ini Kriteria Karyawan Penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan

Heru menerangkan pihak Sekretariat Presiden sudah bekerja sama dengan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk perawatan sapi-sapi tersebut. Adapun pihaknya juga menggandeng dokter hewan setempat untuk melakukan kontrol kesehatan terhadap sapi yang sudah dipilih.

“Semua telah disentrilisasi oleh dinas perternakan daerah,” ujarnya.

Setahun lalu, Jokowi kurban 2 ton sapi di Solo, Jawa Tengah, untuk Iduladha. Dua ekor sapi berukuran jumbo itu bakal diantarkan ke Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan Masjid Al Wustho, Pura Mangkunegaran.

Baca Juga: Pecah Rekor Lagi, Ini 5 Provinsi Penyumbang Kasus Covid-19 Tertinggi

 

Serah Terima Sapi

Salah satu sapi ada yang beratnya 1,03 ton atau 1.030 kilogram (kg). Sapi lainnya punya berat 930 kg.

Kasubag Pendidikan dan Kebudayaan Bagian Kesra Setda Solo, Bambang Harjanto, mengatakan penandatanganan berita serah terima sapi kurban dari Presiden dilakukan Kamis (23/7/2020) pagi. Presiden mewakilkan Adun Rusnawan dari Sekretariat Presiden dalam penandatanganan tersebut.

“Berita acara diterima oleh Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo, Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo, Sekda Solo Ahyani, dan Kabag Kesra Danang Sulindriyanto,” kata dia, kepada wartawan.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago