SOLOPOS.COM - Salat Id penganut Islam Aboge (JIBI/Solopos/Antara)

Idul Adha 2015, penganut Aboge di Banyumas akan melaksanakan Salat Id, Jumat (25/9/2015).

Solopos.com, BANYUMAS–Penganut Islam Aboge atau Alif Rebo Wage di Desa Cibangkong, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, akan melaksanakan salat Idul Adha, Jumat (25/9/2015).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Penetapan salat Id tersebut berdasarkan hitungan atau kalender yang telah kami yakini sejak puluhan tahun silam secara turun-temurun,” ujar , kata salah seorang sesepuh Islam Aboge Kiai Santibi, seperti dilansir Antara, Rabu (23/9/2015).

Menurut dia, penganut Islam Aboge meyakini dalam kurun waktu delapan tahun atau satu windu terdiri atas tahun Alif, Ha, Jim Awal, Za, Dal, Ba/Be, Wawu, dan Jim Akhir.

Selain itu, kata dia, penganut Islam Aboge meyakini dalam satu tahun terdiri atas 12 bulan dan satu bulan terdiri atas 29-30 hari dengan hari pasaran berdasarkan perhitungan Jawa, yakni Pon, Wage, Kliwon, Manis (Legi), dan Pahing.

Dalam kalender Aboge, lanjut dia, hari dan pasaran pertama pada tahun Alif jatuh pada Rabu Wage (Aboge), tahun Ha pada Ahad/Minggu Pon (Hakadpon), tahun Jim Awal pada Jumat Pon (Jimatpon), tahun Za pada Selasa Pahing (Zasahing), tahun Dal pada Sabtu Legi (Daltugi), tahun Ba/Be pada Kamis Legi (Bemisgi), tahun Wawu pada Senin Kliwon (Waninwon), dan tahun Jim Akhir pada Jumat Wage (Jimatge).

“Berdasarkan kalender kami, tahun 1436 Hijriah/2015 Masehi merupakan tahun Ha sehingga kalau dihitung berdasarkan rumusan ‘Hakadpon atau hari dan pasaran pertama tahun Ha jatuh pada Ahad/Minggu Pon, berarti 1 Muharam 1436 Hijriah jatuh pada Minggu Pon,” ujar dia.
katanya.

Ia mengatakan bahwa “Hakadpon” tersebut menjadi patokan untuk menentukan tanggal atau perayaan hari-hari besar pada tahun Ha.

Menurut dia, rumusan “Hakadpon” itu diturunkan lagi menggunakan rumusan “Jahpatji” guna menentukan hari dan pasaran untuk tanggal 1 Zulhijah.

Dalam hal ini, kata dia, rumusan “Jahpatji” atau “Zulhijah Papat Siji” mengandung makna tanggal 1 Zulhijah jatuh pada hari keempat pasaran pertama.

Oleh karena tanggal 1 Muharam tahun Ha jatuh pada Minggu Pon (Hakadpon), lanjut dia, berarti jatuh 1 Zulhijah 1436 Hijriah/2015 Masehi jatuh pada hari Rabu Pon.

“Dengan demikian, Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah 1436 Hijriah akan jatuh pada hari Jumat Pahing, 25 September 2015,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya