SOLOPOS.COM - Petugas Dispertan Sukoharjo mengecek kondisi kesehatan sapi kurban. (Dian Dewi/JIBI/Solopos)

Petugas Dispertan Sukoharjo mengecek kondisi kesehatan sapi kurban. (Dian Dewi/JIBI/Solopos)

Petugas Dispertan Sukoharjo mengecek kondisi kesehatan sapi kurban. (Dian Dewi/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO — Dinas Pertanian (Dispertan) Sukoharjo melakukan pengecekan kesehatan sapi yang akan digunakan sebagai hewan kurban, Sabtu (12/10/2013). Sebagian besar sapi yang dicek dalam keadaan sehat dan layak disembelih.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Hewan Bidang Peternakan Dispertan Sukoharjo, Ngatmini, mengatakan pengecekan kesehatan hewan kurban sudah dilakukan di beberapa daerah.

Dispertan mendatangi sejumlah pengepul hewan kurban seperti di Kelurahan Gayam, Kelurahan Joho, Desa Kepuh, Desa Pengkol dan lain-lain.

Dalam pengecekan kesehatan sapi di Kelurahan Sukoharjo, ia mengatakan kondisi sapi sehat dan layak untuk disembelih. Hal tersebut dilihat dari beberapa faktor di antaranya nafsu makan tinggi dan kondisi fisik sapi.

“Kondisi sapi yang berada di sini cukup baik dan sehat. Ini dilihat dari kondisi giginya yang menunjukkan sapi sudah cukup umur untuk disembelih. Selain itu, telinga dan mata sehat dan nafsu makan hewan tinggi,” urai dia di sela-sela pengecekan kesehatan hewan kurban di Kelurahan Sukoharjo, Sabtu).

Sejauh ini, pemeriksaan kesehatan hewan di Sukoharjo juga tidak menemukan adanya penyakit menular seperti antraks. Sehingga diharapkan daging kurban yang akan dikonsumsi masyarakat nantinya aman, sehat, utuh dan halal (asuh).

Ngatmini mengatakan Dispertan memiliki tim yang terdiri dari 18 petugas untuk melakukan pengecekan kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya