SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, WONOGIRI — Kegiatan penyembelihan hewan kurban di hari ke dua tak luput dari temuan hati sapi bercacing.

Berdasarkan data Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan (Disnakperla) Wonogiri, pada Rabu (16/10/2013), ditemukan enam hati sapi bercacing di sejumlah kecamatan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain itu, petugas pemantau hewan kurban dari dinas tersebut juga menjumpai seekor sapi yang tanduknya hanya satu.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan, Surip Surono, mewakili Kepala Disnakperla Wonogiri, Rully Pramono Retno, menjelaskan temuan hati sapi bercacing itu ada selama pemantauan hari Rabu.

Dengan demikian, ditambah temuan sehari sebelumnya, secara total ada 37 hati sapi bercacing dan lima hati kambing bercacing. Semua temuan tersebut langsung dimusnahkan. Termasuk yang sudah didistribusikan ke masyarakat, panitia penyembelihan langsung meminta warga penerima membuat hati hewan bercacing.

Sedangkan total hewan kurban yang disembelih pada Selasa-Rabu sebanyak 650 ekor sapi, 1.819 ekor kambing, dan 118 ekor domba.

“Jumlah ternak yang disembelih pada hari kedua tambah banyak. Tapi temuan hati bercacingnya sedikit. Data itu kami dapatkan dari petugas di 10 kecamatan. Lima belas kecamatan lain, yang ada di daerah belum kami pantau. Tapi kami yakin, jumlahnya banyak juga,” beber Surip, saat dihubungi Solopos.com, Rabu.

Tak hanya hati sapi bercacing, pada hari ke dua ada temuan sapi yang hanya bertanduk satu. Temuan itu ada di kegiatan penyembelihan di MTA Kecamatan Wonogiri. Menurut Surip, petugas yang mengawasi penyembelihan di lokasi tersebut langsung meminta sapi diganti. Permintaan tersebut pun langsung dipenuhi.

“Jadi tidak ada masalah. Semua kegiatan penyembelihan jalan dengan normal,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya