SOLOPOS.COM - Keluarga korban kekerasan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menangis di atas peti jenazah saat tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Minggu (2/10/2022). Sebanyak empat jenazah korban kekerasan KKB yang terjadi di Kabupaten Teluk Bintuni Papua Barat tersebut kini dipulangkan dan diserahterimakan kepada pihak keluarga. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/foc.

Solopos.com, MANOKWARI — Identitas 11 anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua yang membantai empat pekerja jalan trans Papua Barat rute Bintuni-Maybrat, Kamis (29/9/2022) lalu, sudah dikantongi polisi.

Polisi masih memburu ke-11 anggota KKB Papua tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Papua Barat, Kombes Pol Novia Jaya kepada awak media di Manokwari, Kamis, mengatakan 11 anggota KKB terduga pelaku penyerangan itu teridentifikasi berdasarkan gambar dan video yang disebar setelah aksi penyerangan.

“Dari gambar dan video yang beredar, kita mencocokkan dengan keterangan saksi korban maupun warga sekitar lokasi kejadian. Identitas 11 orang terduga pelaku sudah diketahui,” kata Kombes Novia Jaya.

Baca Juga: Jenazah 4 Pekerja Korban KKB Papua Diterbangkan ke Kampung Halaman

Dari hasil identifikasi, lanjut Novia, diduga kuat pelaku penyerangan terhadap 14 orang pekerja proyek pembangunan jalan trans Papua merupakan jaringan KKB Maybrat yang sebelumnya pada September 2021 juga melakukan penyerangan Pos Persiapan Koramil (Posramil) TNI di Kampung Kisor Maybrat.

“Dari 11 terduga pelaku, ada salah satu DPO Maybrat berinisial MM. Sementara terduga pelaku lainnya merupakan kelompok baru di wilayah Moskona Kabupaten Teluk Bintuni. MM diduga kuat menjadi otak di balik aksi penyerangan 14 pekerja proyek jalan,” katanya, seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Baca Juga: Polda Papua Kejar Warga Mabuk Pembakar Kantor Distrik Kebo

Kombes Novia Jaya menambahkan Polda Papua Barat akan segera melakukan gelar perkara untuk penetapan tersangka berikut daftar pencarian orang (DPO) terhadap 11 orang anggota KKB tersebut untuk disebar di seluruh wilayahnya Provinsi Papua Barat.

Ia juga menyatakan satu orang pekerja yang menjadi korban serangan KKB dengan luka tembak cukup parah sedang menjalani pengobatan di rumah sakit Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

“Delapan korban selamat lainnya sudah dikembalikan ke pihak keluarganya, sementara satu korban selamat (juru masak) masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Kabupaten Teluk Bintuni karena menderita cedera pada bagi lutut,” ujarnya.

Baca Juga: KKB Papua Klaim Bantai 4 Pekerja Jalan, Aparat Cari Jasad Korban

Peristiwa penyerangan KKB terhadap 14 orang pekerja proyek pembangunan jalan Trans Papua Barat yang terjadi pada 29 September 2022 mengakibatkan empat orang tewas dan beberapa lainnya luka-luka.

Empat korban tewas adalah Abbas, Armin, Darmin, dan Yafet. Mereka menderita luka parah akibat dianiaya dan ditembaki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya